Ad Widget

Mengatur Karbohidrat untuk Menurunkan Berat Badan

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh kita. Tubuh mengubahnya menjadi glukosa untuk memberi energi bagi sel-sel tubuh. Kebutuhan karbohidrat bisa mencapai 2000 kalori, tetapi ini tidak habis saat energi diubah menjadi glikogen. Karbohidrat berperan dalam produksi insulin.

Karbohidrat (‘hidrat dari karbon’, hidrat arang) atau sakarida (dari bahasa Yunani, sákcharon, berarti “gula”) adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur). Pada proses fotosintesis, tumbuhan hijau mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat.  Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana yang disebut monosakarida, misalnya glukosa,galaktosa, dan fruktosa. Banyak karbohidrat merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta dapat pula bercabang-cabang, disebut polisakarida, misalnya pati, kitin, dan selulosa. Selain monosakarida dan polisakarida, terdapat pula disakarida (rangkaian dua monosakarida) dan oligosakarida (rangkaian beberapa monosakarida). (sumber wikipedia)

Ketika anda mencoba menurunkan berat badan dan ingin mengetahui cara menurunkan berat badan secara alami anda haruslah mempelajari peran karbohidrat dalam tubuh dan kontribusinya dalam penurunan berat badan. Konsumsi terlalu banyak karbohidrat harus dihindari apabila Anda ingin menurunkan berat badan secara alami. Karena, kelebihan karbohidrat akan diubah menjadi lemak.

Terlalu banyak konsumsi karbohidrat akan meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh Anda dan karena hal inilah berat badan Anda akan naik. Hampir semua makanan mengandung karbohidrat dan hanya bervariasi dalam jumlah. Makanan seperti roti, pasta, nasi, dan cookies mengandung banyak karbohidrat. Anda mungkin telah diberi tahu bahwa hal yang paling penting dalam penurunan berat badan secara alami adalah menghindari makanan bergula. Namun, mengurangi jumlah karbohidrat juga penting. Karbohidrat diubah menjadi gula sebelum tubuh dapat menggunakannya sebagai energi, maka mengatur jumlah gula dan karbohidrat dapat membantu penurunan berat badan Anda menjadi lebih mudah.

Satu dari banyak cara Anda dapat mengurangi jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi setiap hari adalah dengan menemukan penggantinya. Dengan cara ini, bahkan ketika Anda menurunkan berat badan secara alami, Anda tidak akan kelaparan. Contohnya, konsumsi tortilla sebagai pengganti roti. Tortilla dari tepung memiliki kandungan karbohidrat lebih rendah dibandingkan roti biasa. Dengan mengganti roti dengan tortilla, Anda tetap memperoleh karbohidrat tanpa meningkatkan jumlah asupan kalori Anda. Diet Akan tetap seimbang. Banyak pilihan rasa yang tersedia untuk tortilla, jadi Anda tidak perlu takut bosan.

Apabila kentang merupakan makanan pokok sehari-hari Anda, pertimbangkanlah untuk mengurangi jumlah yang Anda konsumsi agar dapat menurunkan berat badan. Kentang mengandung banyak karbohidrat. Apabila Anda sedang dalam rencana diet cepat, kentang tidak tepat untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Agar aman, ganti kentang dengan ubi. Ubi memiliki kalori lebih sedikit dan Anda dapat merebusnya atau membuatnya menjadi keripik.

Crackers adalah contoh snack paling terkenal bagi orang segala usia. Namun, crackers mengandung banyak karbohidrat dan karena mereka enak, sangat mudah untuk terus mengkonsumsinya melebihi batas yang wajar. Hal ini tidak akan membantu penurunan berat badan alami anda. Konsumsi cracker dalam batas wajar dan konsumsi lebih banyak buah segar saat waktu snack. Anda juga dapat menambahkan saus saat mengkonsumsi buah seperti apel atau pisang agar tetap meningkatkan selera makan Anda. Memiliki pengetahuan cara menurunkan berat badan secara alami membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan Anda tanpa harus menghindari makanan yang penting bagi kesehatan Anda.

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: