Ad Widget

Makanan Terbaik untuk Jantung Anda

Tahukah anda makanan terbaik buat jantung anda? Berikut ini adalah 9 makanan yang dianggap sebagai “Superfood” untuk membuat jantung kita tetap sehat. Apa saja yuk simak dan baca baik2:

  1. Apel 
    Perempuan pada usia menopause yang makan apel dengan kulitnya akan menurunkan risiko menderita penyakt jantung. Kandungan pektin pada apel khususnya yang terdapat pada kulitnya mampu mengikat kolesterol hingga kadar kolesterol LDL turun.
  2. Sayur 
    Sayur yang merupakan sumber serat berkontribusi terhadap penurunan kolesterol. Selain itu, vitamin dan mineral serta kandungan fitokimianya memberi dampak positif terhadap kesehatan jantung.
  3. Bawang Putih 
    Bawang putih mengandung allicin dan fitokimia lainnya yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang merupakan faktor risiko seseorang terkena serangan jantung. Bawang putih juga mengandung ajone, zat yang ampuh mencegah penggumpalan darah.
    Mengonsumsi setengah hingga satu siung bawang putih dalam 1 bulan akan menurunkan kadar kolesterol hingga 9%.  Karenanya, kebiasaan memasak makanan dengan diberi bawang putih mampu mengurangi sumbatan pada arteri dan dampak buruk yang disebabkan oleh lemak yang terdapat pada daging.
  4. Jamur 
    Berbagai macam jenis jamur sangat baik untuk jantung, terutama jamur shiitake. Karena jamur shiitake berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol yang umumnya tinggi pada para penderita jantung.
    Jamur kuping mengandung senyawa yang dapat mengencerkan darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner.
  5. Kacang Kedelai 
    Kandungan protein yang sangat tinggi membuat kacang kedelai sebagai pilihan alternatif pengganti daging.
    Kacang kedelai juga tidak mengandung kolesterol melainkan fitosterol, jenis lemak yang hanya terdapat dalalm tumbuhan yang baik bila dikonsumsi oleh penderita jantung. Kandungan isoflavon dalam kedelai bersifat antioksidan. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi berbagai macam jenis makanan, seperti tahu, tempe, susu, dan juga kecap.
  6. Ikan 
    Kandungan Omega-3 pada ikan berkhasiat membantu menurunkan risiko pengerasan pembuluh darah jantung sehingga melancarkan aliran darah. Zat penting lainnya yang juga baik untuk kesehatan jantung adalah Co-Enzim Q10. Zat ini berfungsi untuk menjaga kekuatan otot jantung, dengan cara membuat pembuluh darah lebih elastis sehingga menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit jantung. Sayangnya, zat ini hilang oleh proses pemasakan.
  7. Biji-bijian 
    Havermout, flaxseed juga bekatul merupakan sumber serat larut yang mampu melapisi dinding usus sehingga mencegah penyerapan kolesterol. Bila disantap secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol.
  8. Teh Hijau 
    Teh hijau sebagai antioksidan, khususnya karena kandungan polifenol yang mampu melawan radikal bebas. Polifenol ini membuat otot pembuluh darah bekerja lebih santai sehingga akan menurunkan tekanan darah dan menjauhkan dari serangan jantung.
  9. Rumput Laut 
    Selain sebagai antikanker, rumput laut pun sangat baik untuk penyakit jantung koroner karena dapat menurunkan tekanan darah dengan menyerap kelebihan garam di dalam tubuh.  Penggunaan rumput laut banyak kita temui dalam berbagai macam masakan Jepang antara lain sushi, kerap juga menjadi campuran minuman.

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: