Tas Rusak dalam Kabin Pesawat Tanggungjawab Siapakah?

bagasai kabin pesawat jasa pembuatan toko online murah

Jika tas penumpang pesawat rusak karena ditarik oleh penumpang lain apakah maskapai ikut bertanggungjawab atas kerusakan ini?

Bagasi dalam pengangkutan pesawat udara dibagi dalam 2 jenis yaitu: 1). bagasi tercatat 2). bagasi kabin. Ketentuan pasal 1 ayat 24 dan 25 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan, bagasi tercatat dan bagasi kabin berbeda. Bagasi tercatat merupakan barang penumpang yang diserahkan oleh penumpang kepada pengangkut untuk diangkut dengan pesawat udara yang sama.

Sedangkan Bagasi kabin adalah barang yang dibawa penumpang dan barang berada dalam pengawasan penumpang sendiri. Jika terjadi kerusakan barang yang disimpan dibagasi, diatur Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 tahun 2011 tentang TanggungJawab Pengangkut Angkutan udara. Setiap kehilangan atau kerusakan bagasi tercatat akan diberikan ganti rugi sesuai jenisnya, bentuknya, ukuran, dan merek bagasi tercatat.

Sedangkan untuk Bagasi kabin, dalam pasal 143 UU penerbangan, ditegaskan bahwa pengangkut tidak bertanggungjawab untuk kerugian karena hilang atau rusaknya bagasi kabin. Terkecuali penumpang bisa membuktikan jika kerugian tersebut disebabkan oleh tindakan pengangkut atau orang yang dipekerjakannya. Aturan mengenai ganti rugi bagasi kabin merujuk pada pasal 167 Undang-Undang Penerbangan.

Ad Widget

Recommended For You

About the Author: dadang suprayitno

Kang Dadang lahir di Tangerang dari 6 bersaudara, menyelesaikan S2 Tahun 2013 di bidang SDM. Sekarang tinggal di Batam bersama isteri dan 2 orang putra. Owner pesonaweb.com ini menggeluti internet sejak tahun 2004 dan tertarik dengan blogging dan internet marketing sampai dengan sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *