Makalah Karya Tulis Ilmiah Untuk Ujian Dinas

jasa pembuatan toko online murah

Membuat Makalah mengenai Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan salah satu prasyarat wajib bagi PNS yang akan naik pangkat dari gol II ke gol III atau Gol III ke Gol IV. Sama halnya dengan ujian dinas biasanya uji kompetensi KTI ini di lakukan pada hari yang sama setelah melaksanakan ujian dinas. Bagi kebanyakan teman-teman PNS uji KTI ini merupakan salah satu bagian yang paling mendebarkan, membuat gugup dan seringkali agak membuat stress, mungkin hal ini terjadi karena kurang PD akan makalah KTI yang akan ditampilkannya. Kedua telapak tangan basah dan dingin karena terkena AC ruangan, bagi yang lama nunggu deg-degan dan kadang-kadang banyak ke kamar kecil. Nah dari itu semua saya coba rangkum dan uraikan tata cara dan hal-hal yang harus diperhatikan calon peserta ujian dinas dalam membuat karya tulis ilmiah.

contoh KTI ujian dinas PNS

contoh makalah karya tulis ilmiah untuk ujian dinas penyesuaian ijazah PNS

PANDUAN MEMBUAT KARYA TULIS BAGI CALON PESERTA UJIAN DINAS PENYESUAIAN IJAZAH

Hal-hal yang harus diketahui oleh Calon Peserta Ujian Dinas:

Pembuatan Karya Tulis Ilmiah bagi peserta ujian dinas penyesuaian ijazah ini dimaksudkan untuk mengetahui penguasaan kompetensi Calon peserta Ujian Dinas Penyesuaian Ijazah terhadap pelaksanaan TUPOKSI baik di level personal  maupun organisasi, oleh karena itu orisinilitas gagasan sebagai pencerminan kapabilitas seseorang dalam penguasaan materi menjadi sangat penting dalam mengukur kompetensi diri. Sehingga konsistensi Calon peserta Ujian Dinas Penyesuaian Ijazah dalam menuangkan gagasannya melalui penulisan karya tulis menjadi faktor utama untuk diuji lebih lanjut, namun juga tanpa harus meninggalkan kaidah-kaidah yang diperlukan untuk sebuah penulisan karya ilmiah.

Dalam Kontek Pembuatan Karya Tulis ini, hendaknya para peserta Ujian Dinas Penyesuaian Ijazah tersebut secara subtansi penulisannya harus memuat dua hal utama, yaitu :

Pertama, penulisan itu memuat apa yang terjadi tentang Tupoksi anda dengan kendalanya berkaitan dengan sarana yang ada, sistem yang dimiliki dan dukungan Sumber Daya Aparatur yang tersedia. Sudah jelas ya 3 hal yang berkaitan dengan TUPOKSI: sarana, sistem, dan SDM.

Kedua, memuat tentang gagasan apa yang harus dimunculkan sebagai
otokritik atas TUPOKSI yang telah berlangsung selama ini yang anda jalankan, dan gagasan tersebut tidak mesti dan tidak harus memunculkan fungsi baru namun dapat juga gagasan tersebut berupa tulisan kritis yang dapat memberi solusi/pemecahan masalah/problem solving dalam mengeliminir/ memperkecil masalah dan permasalahan yang menjadi kendala bagi terwujudnya efisiensi dan efektivitas pelaksanaan TUPOKSI baik di level personal maupun organisasi. Inti dari point ini adalah munculkan GAGASAN/IDE ORISINIL anda.

 

Ketentuan Umum Penulisan KTI :
Karya Tulis yang diserahkan untuk Ujian Dinas Penyesuaian Ijazah harus merupakan  karya sendiri yang belum pernah dipergunakan untuk keperluan serupa (asli/no plagiat).

Semua tulisan harus dalam Bahasa Indonesia dengan teks elektronik dalam Microsoft Word dan harus terdiri atas bagian-bagian berikut ini :

Judul,

Abstrak,

Pendahuluan,

Bagian Inti, 

Kesimpulan, dan

Daftar Pustaka.

Penulisan harus jelas dan benar sesuai tata bahasa/kaidah EYD.

 

Sistematika Penulisan :

1. Judul KTI

Sesuai TUPOKSI, informatif dan mencerminkan inti dari isi tulisan, terdiri 5-10 kata, jenis huruf arial/times new roman/tahoma, ukuran huruf 12 pt, tebal, huruf besar, posisi tulisan di tengah.

2. Nama Penulis

Ditulis tanpa gelar, nama lembaga, alamat lembaga, jenis huruf arial/times new roman/tahoma, ukuran huruf 12 pt, posisi tulisan di tengah.

3. Pendahuluan

Uraian yang mengantarkan pembaca kepada topik utama yang
dibahas tanpa sub judul, memuat latar belakang masalah, dan sedikit tinjauan pustaka, diakhiri dengan rumusan singkat 1-2 kalimat tentang hal-hal pokok yang akan dibahas, uk huruf 12pt, normal, rata kiri-kanan.

4. Bagian Inti/Pembahasan

Pelebaran dari latar belakang masalah di pendahuluan, Isi tergantung pada topik yang memuat fakta, konsep, prosedur, atau prinsip dari TUPOKSI anda, perlu ditata secara urut, kaitan antar isi. Ada Judul, sub judul, uk huruf 12 pt, normal, rata kiri-kanan.

5. Kesimpulan

Berisi kesimpulan dari hasil pembahasan pada bab sebelumnya. Ukuran huruf 12 pt, normal, rata kiri-kanan.

6. Daftar Pustaka

Memuat buku-buku yang benar-benar dirujuk pada tulisan, dan harus lengkap, Uk huruf 12 pt, normal, rata kiri-kanan.

 

Teknik Penulisan :

Ukuran kertas:  A4 80 gram  (82.7 x 11.69 inch) atau (210 x 297 mm) dan jumlah lembar 15 – 25 halaman.

Selanjutnya bagi anda yang betul-betul memerlukan contoh makalah karya tulis ilmiah dan soal ujian dinas untuk kenaikan pangkat dan penyesuaian ijazah. Silahkan japri saya.

Saya memiliki beberapa contoh KTI dan soal ujian dinas.

Contoh KTI yang saya punya tentang SDM, Anjab, Keuangan dan Keperawatan, Kesling dll. Ini diantara judulnya:

  1. Peningkatan Kinerja Melalui Optimalisasi Disiplin Pada Bagian Umum Pemerintahan Kabupaten …
  2. Peningkatan Kinerja Melalui Penyempurnaan Pedoman Analisis Jabatan Pada Sub Direktorat Analisis Jabatan Badan Kepegawaian Negara Di Jakarta.
  3. Peningkatan Kinerja Melalui Peningkatan Pengawasan Melekat Pada Subbag Keuangan Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kabupaten …
  4. Peningkatan Kinerja Melalui Anggaran Berbasis Kinerja pada Seksi Anggaran Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan
  5. Peningkatan derajat Kesehatan Masyarakat di Daerah Hinterland
  6. Asuhan keperawatan pada An. F dengan Hipertermi Akibat Penyakit Infeksi Malaria Tropika di Ruang Anak ( A ) Rumah Sakit Umum Daerah Kota … Tahun 2011
  7. Peningkatan Kinerja melalui Optimalisasi Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja di Panti Sosial Bina Rungu Wicara Melati Bambu Apus Jakarta Timur
  8. PENGARUH  IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH TERHADAP PENERAPAN GOOD GOVERNANCE
  9. Pengaruh pelaksanaan good governance terhadap kinerja organisasi
  10. Pengaruh komitmen terhadap kinerja pegawai panti sosial
  11. Sistem pengarsipan surat masuk dan surat keluar di Sekretariat atau Tata Usaha
  12. Pengelolaan Keuangan Pembantu Bendahara dan Bendahara Pengeluaran
  13. pengelolaan Aset
  14. dll

Bilamana anda menginginkan KTI tersebut atau KTI dengan judul yang lain silahkan kontak saya di:
0811703334 (WA/SMS/Line) atau
untuk sekedar konsultasi, silahkan email saya di dspyn@yahoo.com
atau BBM di 754CED77
Kami juga menyediakan contoh soal ujian dinas Tk I dan Tk II silahkan klik link dibawah ini,

 

>>> Contoh Soal Ujian Dinas Penyesuaian Ijazah <<<

 

Punya masalah dengan KTI Silahkan hubungi saya di :

HP/WA/LINE: [0811703334]

Email: [dspyn@yahoo.com]

YM: [dspyn]

 

Kata Kunci yang Mampir:

makalah penyesuaian ijazah,makalah ujian dinas,tulis,contoh makalah penyesuaian ijazah s1,contoh karya ilmiah tentang hukum kepegawaian,kumpulan makalah penyesuaian ujian dinas di kecamatan,makalah penyesuaian kenaikan pangkat,makalah tupoksi pns,sistematika penulisan makalah ilmiah pak GOOGLE,KARYA TULIS TUPOKSI PEKERJAAN PNS

Related posts:

Toko Buku Online Terlengkap

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *