Cara Mutasi SIM

jasa pembuatan toko online murah

Pindah domisili SIM atau mutasi SIM disebabkan karena pindah tempat tinggal, hal ini diperlukan untuk mempermudah kita memperpanjang SIM kelak.

Namun terkadang masih ada rasa khawatir tentang permainan oknum yang akhirnya membuat pemohon SIM mengeluarkan biaya lebih besar dari seharusnya, atau bahkan mengulang-ulang sehingga mengorbankan waktu dan tenaga.

Berikut syarat berpindah domisili SIM atau yang disebut mutasi SIM adalah sebagai berikut:

– Siapkan persyaratan

foto copy SIM yang akan dimutasi, baik mobil, motor, maupun umum. Lalu foto copy KTP. Siapkan dua hal ini setidaknya 3-4 copy.

– Ke tempat asal pembuatan SIM

Pemohon harus kembali ke tempat pembuatan SIM asal sebelum memiliki SIM baru sesuai domisili yang diinginkan, untuk membuat dua hal, yaitu formulir pencabutan berkas dan surat pengantar dari satlantas asal. Formulir ini sedianya gratis, tetapi mungkin berbeda-beda di setiap tempat.

– Cek kesehatan sebelum ke tempat pembuatan SIM baru

Datangi tempat pembuatan SIM baru sesuai domisili yang diinginkan. Nanti tidak perlu tes-tes lagi, langsung bikin baru.

Di tempat pembuatan SIM baru, misalnya di Daan Mogot, ada sejumlah formulir yang harus diisi. Namun yang terpenting, sebelum masuk, datangi dulu ruang cek kesehatan. Siapkan fotokopi KTP dan SIM lama. Di Daan Mogot sendiri biaya ini Rp 25.000, mencakup cek mata. Hasil cek akan langsung keluar di tempat.

– Ke loket BRI

Masuk sambil membawa lembaran kesehatan dan surat pengantar pindah domisili tadi, bayar formulir di BRI. Biayanya Rp 80.000 untuk SIM A (mobil) dan Rp 75.000 untuk SIM C (motor).

Setelah itu, petugas BRI biasanya mengimbau untuk membeli asuransi di loket asuransi yang harganya berkisar Rp 30.000 dan akan diberikan sebuah kartu. Selanjutnya, ambil formulir di loket lain dan isi sesuai data.

– Ke loket penyerahan formulir

Bawa berkas komplit ke loket penyerahan formulir dan pastikan semua lengkap. Jika ada yang tidak dimengerti, bisa ditanyakan terlebih dahulu daripada berlama-lama bingung. Selanjutnya kita akan diberikan sobekan berkas untuk langsung foto SIM baru.

– Foto SIM baru

Masuk ke ruang foto, isi buku tamu dan taruh saja sobekan formulir tadi di samping meja foto. Jangan lupa isi kolom nama di sobekan formulir tadi. Cukup nama saja karena data diri kita untuk SIM baru sendiri sudah masuk, sesuai formulir tadi.

Penulisan nama di kolom nama mencegah kita dan petugas foto kebingungan, yang akhirnya akan membuat kita kembali ke loket penyerahan formulir.

Adapun di ruang foto, kita diminta tekan sidik jari jempol kanan-kiri, tanda tangan, dan dilanjutkan dengan foto. Setelahnya pindah ruangan untuk menunggu hasil SIM baru.

Ad Widget

Recommended For You

gplus-profile-picture

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

1 Comment

  1. mas bro, kalo misalnya posisi sy udah pindah ke bandung asalnya dari Riau, mo ngurus mutasi SIM, bisa tidak minta bantu saudara di Riau untuk ngurusinnya artinya fotocopy KTP dan SIM lama kita, kita kirim ke sdr n saudara kita yang ngurusinnya. sementara kita ada di bandung, tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *