Cara Menggunakan Microsoft OneNote

jasa pembuatan toko online murah

Tahukah anda Microsoft OneNote? Tahukah anda cara menggunakan  Microsoft OneNoteMicrosoft OneNote bisa anda jumpai di komputer atau laptop yang menggunakan Microsoft Office 2007 atau Microsoft Office 2010. Banyak dari anda yang kurang memahami fungsi Microsoft OneNote dan bagaimana menggunakannya, sehingga akhirnya OneNote hanya sebagai aksesoris belaka di dekstop anda. Padahal aplikasi ini adalah program yang sangat hebat.

Microsoft OneNote 2007/2010 merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengorganisasi catatan penting. Salah satunya pencatatan kuliah anda. Biasanya anda membutuhkan buku atau catatan.  Saking banyaknya mata kuliah, catatan pasti tersebar dimana-mana.  Bisa jadi anda sulit menemukan materi yang dibutuhkan.

Bagi anda yang bawa smartphone/tablet tidak perlu lagi membawa buku tulis untuk mencatat catatan perkuliahan anda. Cukup dengan aplikasi OneNote anda bisa menyimpan catatan tersebut di Tablet/Smartphone/Laptop anda. Selain itu jika Tablet/Smartphone/Laptop kita terkoneksi, kita bisa menyimpan catatan tersebut di cloud/internet secara otomais.  Keuntungannya adalah kita bisa mengakses catatan kita kapan saja dan dimana saja untuk dapat mereview kembali catatan-catatan tersebut.

 

Simak tutorial Cara Menggunakan Microsoft OneNote  ini :

Sebelum kita belajar lebih jauh mengenai Microsoft OneNote. Perlu kita pahami apa yang akan kita kita tulis jika kita sedang kuliah,  kuliah berhubungan dengan hari/jam kuliah, nama dosen, mata kuliah, tugas, laporan dan bahan-bahan lain.

Bayangkan OneNote seperti beberapa catatan yang dijadikan satu.  Anda bisa mengelompokkan berdasarkan mata kuliah.  Bisa mencatat apa yang diomongkan dosen, menyisipkan gambar/tabel/grafik, meletakkan presentasi dosen dalam bentuk pdf, membuat ToDo List, perhitungan dari excel atau bahkan foto dosen anda.

Untuk lebih memahami fungsi Microsoft OneNote, coba cermati gambar berikut ini :

Cara Menggunakan Microsoft OneNote

Beberapa catatan kuliah diletakkan dalam satu file OneNote.  Masing-masing catatan disebut Notebook.  Isi dari notebook disebut Section.  Section terdiri dari beberapa Pages.  Nah didalam pages inilah anda tuliskan catatan kuliah anda. Page terdiri dari beberapa SubPage. Yuk ikuti langkah-langkahnya:

  1. Buat file OneNote dengan cara klik menu File dan klik New.  Kemudian klik My Computer untuk meletakkan OneNote pada komputer.  Tulis nama notebook kamu dan tentukan folder tempat menyimpan notebook.  Lalu klik Create Notebook.
  2. Tulis nama catatan kuliah yang akan dimasukan kedalam OneNote.  Misalnya; Ekonomi Mikro, Ekonomi Pembangunan.  Caranya klik tab bergambar bintang dan tulis nama tab yang diinginkan atau klik kanan pilih new section.
  3. Selanjutnya anda tinggal membuat halaman untuk isi dari section.  Tulis judul halaman yang memudahkan kamu untuk belajar dan melakukan tracking.  Misal untuk section ekonomi pembangunan ditulis page sebagai berikut : Prof. Ali, Kuliah Harian, Kuliah Dosen Tamu, Referensi, Catatan tambahan dan lain-lain.  Tulislah kalimat yang membuat anda mengerti.
  4. jika anda merasa tampilan page kurang srek, anda bisa mempercantik dengan menggunakan template yang sudah disediakan. Klik tombol dropdown pada menu New Page.  Klik menu Page Templates.  Tentukan template yang anda sukai.
  5. Anda dapat menyisipkan bermacam-macam tipe file pada OneNote yang sudah dibuat.  Bisa tabel, gambar, file bahkan suara.  Menu ini diakses dari menu Insert.
  6. Selain itu anda bisa tambahkan highlighter, tulisan, kotak, lingkaran dan lain-lain dari menu draw.
  7. Teman anda ingin meminjam catatan ? Gampang, share aja OneNote anda dari menu Share.  Bisa dikirim via email, share ke website atau lewat jaringan.

Tulisan ini masih bersifat dasar, anda bisa melakukan eksplorasi yang lebih mendalam untuk dapat memanfaatkan OneNote secara maksimal. Untuk memahami pembelajaran kita hari ini silahkan anda saksikan videonya di YouTube dengan mengklik link berikut Cara Menggunakan OneNote

Manfaat utama Microsoft OneNote adalah mengumpulkan ide, catatan dan referensi dalam satu tempat.  Jika terkumpul dalam satu wadah otomatis akan menghemat waktu dan tempat saat akan dilihat.  Kamu bisa juga melakukan pelacakan, atau istilah kerennya tracking, dari catatan kamu.

Selain di sistem operasi windows, OneNote sudah tersedia di sistem operasi berbasis iOS, Android,Windows Phone, dan Symbian.

 

Ad Widget

Recommended For You

gplus-profile-picture

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *