Cara Menambahkan Kertas Folio (F4) di Excell

jasa pembuatan toko online murah

Ukuran kertas yang cukup familier di Indonesia adalah ukuran A4, Folio, Quarto, dan A3. Tetapi seringkali ukuran Folio (F4) tidak ditemukan dalam page set up di excell (dalam beberapa kasus di word). Sehingga seringkali diantara pengguna memilih legal sebagai pilihan praktis. Padahal ukuran legal adalah 8,5 x 14 inchi ( 22 x 36 cm), sementara Folio (F4) mempunyai ukuran lebar 8,5″ x 13″ inchi (21,5 x 33 cm). Otomatis hasil print tidak akurat, berat sebelah, tidak simetris, dan terkadang terpotong pada bagian kanan kertas.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? tentu saja anda perlu menambahkan ukuran kertas Folio (F4) pada microsoft excell tersebut. Cara yang saya sampaikan ini bisa anda lakukan untuk ukuran kertas yang lain. Yuk simak langkah-langkah membuat ukuran Folio (F4) pada program Excell berikut ini:

Spesifikasi windows yang saya gunakan adalah windows 7 proffesional

  1.  Buka program devices and printers, caranya klik Start > klik Devices and Printers

cara membuat ukuran folio di excell

2. Akan muncul tampilan devices and printers sebagai berikut, kemudian anda klik menu Print server properties

cara membuat ukuran kertas folio di excell

 

3. Akan muncul kotak dialog Prints Server Properties lihat gambar dibawah ini. Pada tab Forms silahkan cari ukuran Folio, kemudian centang Create a new forms, isi keterangan pada form name dengan Folio F4 atau terserah anda, kemudian klik Save Form dan klik OK atau Apply.

cara menambahkan size kertas Folio di microsoft excell

note: jika nama folio tidak ada dalam kolom forms on, maka anda harus mengeset manual ukuran kertas folio pada form description (measurements) bisa dalam inchi atau centimeters

4. Sekarang cek pada aplikasi excell anda, lihat pada menu Page Layout > Size dan scroll ke bawah jika langkah anda benar maka form name Folio F4 akan muncul pada bar paling bawah tersebut.

cara menambahkan ukuran kertas folio di excell 4

Bagaimana, mudahkan cara menambahkan ukuran kertas Folio (F4) pada program microsoft excell. Selamat mencoba. Jika anda merasa kesulitan dalam mengikuti tutorial ini silahkan komentar di kolom comment bawah ini. Simak juga postingan saya sebelumnya tentang Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Ecxell

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *