Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Xenia Berbunyi Kletak Kletuk di Bagian Depan, ini Penyebabnya!

Sudah hampir beberapa minggu ini Xenia Li 1000cc punya saya berbunyi kletak kletuk kletak kletuk dibagian depan, disertai setir yang bergetar dan terasa oblak. Walaupun pada jalan yang datar bunyi tersebut tetap ada. Setelah di cek ke bengkel resmi Daihatsu ternyata ada kerusakan pada powersteering rack sehingga advise mereka harus diganti dengan yang baru. Harga powersteering rack yang baru sekitar Rp. 12.500.000,-

Harga tersebut tentunya sangat menguras kantong, dan bagi saya gak manusiawi harganya. Perlu diketahui powersteering rack Xenia saya masih hidraulik menggunakan Oli jadi bukan tipe EPS.

Di pasar mobil Indonesia sekarang terdapat 2 sistem power steering yaitu hidrolik dan electric. Keduanya memiliki teknologi yang berbeda-beda dan juga dipakai oleh mobil yang jenisnya beda.

Power steering hidrolik menggunakan tekanan hidrolik yang dihasilkan dari pompa. Pompa ini digerakkan oleh crankshaft lewat drive belt. Sistem kerja steering hidrolik sebagai berikut: minyak akan ditarik dari reservoir menuju pompa ketika mesin sedang hidup. Selanjutnya minyak akan ditekan oleh satu switch dan control valve. Dimana letak kedua komponen tersebut berada di pompa. Karena tekanan oli inilah yang membuat putaran setir mobil lebih ringan dan membuat mudah pengemudi ketika menyetir mobil.

Electric power steering (EPS) merupakan sebuah teknologi power steering yang paling baru dan dapat bekerja secara otomatis ketika kontak mobil dalam kondisi menyala atau posisi on. Ia menghasilkan arus listrik yang akan terkirim ke motor listrik. Cara kerja EPS ini terbilang mudah dipahami yakni saat mesin mobil dinyalakan, maka noise suppresor akan mengirimkan perintah kepada control module agar komponen ini bisa menjalankan motor listrik dan juga clutch yang akan mengkoneksikan motor dengan batang setir mobil. Nantinya bagian sensor yang ada di steering rack akan mengirimkan sebuah informasi kepada control module saat kemudi atau setir mobil mulai di putar. Tidak seperti sistem rem abs, sistem ini memiliki banyak teknologi canggih didalamnya salah satunya adalah sistem vehicle speed sensor.

Akhirnya saya mencari cari bengkel yang khusus untuk kaki-kaki mobil. Setelah bertanya kesana kemari akhirnya dapat juga bengkel yang dimaksud, kebetulan bengkel tersebut gak terlalu jauh dari rumah. Setelah diperiksa di bengkel ternyata menurut abang bengkelnya ini kerusakan ada pada rack end kiri dan kanan.

Saya dikasih pilihan mau ganti powerstering rack atau ganti rack end saja. Estimasi untuk pergantian powerstering rack sekitar Rp. 3 juta sementara ganti rack end saja sekitar 1 jutaan. Tentunya saya pilih ganti rack end saja. Juga saya minta sekalian di cek balljointnya.

rack end xenia

ganti rack end xenia 1000cc

Tie rod pada sistem kemudi memegang peranan yang sangat penting agar kendaraan bisa melaju dengan stabil dan mudah untuk dikendalikan. Tie rod mobil terletak di antara steering gearbox (steering rack) dengan knuckle roda depan dan menjadi penghubung di antara keduanya.

Bentuk dan nama tie rod mobil sendiri tergantung dari sistem kemudi yang digunakan. Pada sistem kemudi yang menggunakan steering rack, maka akan dikenal dua macam tie rod yaitu rack end (ling tie rod) dan tie rod end.

Long tie rod dipasang dan terhubung pada bagian ujung dari steering rack, sedangkan untuk tie rod end dipasang dan terhubung dengan knuckle tempat roda mobil berada. Kedua tie rod ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi sistem kemudi.

Fungsi tie rod:

Menggerakan putaran kemudi ke roda depan

yang pertama adalah untuk meneruskan putaran kemudi ke roda depan. Gerakan memutar pada batang setir yang dilakukan oleh pengemudi saat memutar roda kemudi, akan mengalir menuju steering gear box dan berubah menjadi gerakan menarik atau mendorong.  Gerakan ini kemudian diteruskan oleh tie rod mobil untuk menarik atau mendorong sebagian sisi roda depan sehingga roda depan bisa bergeser arah dan berbelok sesuai dengan arah putaran roda kemudi.

Mengatur jarak roda depan

Toe sendiri terbagi menjadi 2; Toe-in dan Toe-out. Toe ini berfungsi untuk mengatur agar roda depan bisa berotasi lurus dan stabil, selain itu juga dapat mencegah keausan yang tidak merata pada ban. Pengaturan toe ini bisa dilakukan pada sambungan antara long tie rod dan tie rod end, yaitu dengan memanjang-pendekan ulir antara long tie rod mobil dengan tie rod end agar mendapatkan sudut toe yang dibutuhkan.

Peredam getaran

Fungsi tie rod mobil yang terakhir adalah untuk meredam getaran dari roda agar tidak sampai ke setir (roda kemudi). Ya, seperti sudah kita ketahui bahwa long tie rod dan tie rod end merupakan sebuah ball joint yang bisa bergerak ke beberapa arah.

Ball joint ini akan memutus gerakan naik turun maupun kanan dan kekiri dari roda agar gerakan tersebut tidak merembet sampai ke kemudi. Long tie rod (rack end) akan meredam getaran roda keatas dan kebawah, sedangkan tie rod end berfungsi untuk meredam getaran ke kanan dan ke kiri yang terjadi pada roda.

Dengan begitu, maka roda dapat bebas bergerak namun tidak mengganggu fungsi sistem kemudi sehingga roda kemudi bisa sepenuhnya dapat dikendalikan dengan mudah dan nyaman. Seiring pemakaian, komponen tie rod mobil tentunya akan mengalami penurunan performa. Gejala yang ditimbulkan akibat kerusakan tie rod sebenarnya dapat dirasakan dan diketahui pengendara baik saat berjalan normal atau pada kecepatan rendah. Apa saja gejalanya?

  • Getaran saat kemudi dibelokkan
  • Bunyi di bagian kaki-kaki mobil, munculnya bunyi berdecit, atau terjadi ketukan pada bagian depan yang mana ini biasanya bisa dirasakan sampai ke roda kemudi.
  • Kemudi tidak lurus

Bahayanya jika tidak segera diatasi, bisa bisa itu tie rod copot/lepas, sehingga mobil akan sulit dikendalikan pada saat kecepatan tinggi. Tidak terbayangkan bagaimana jika ini terlepas dan anda mengemudikan kendaran dengan kecepatan penuh. Sesuatu yang lebih buruk pasti sudah menunggu anda didepan.

 

Lama pengerjaan sekitar 3 – 4 jam. Akhirnya mobil Xenia saya tidak berbunyi geletak geletuk lagi. Biaya yang dikeluarkan sekitar 714.000

dengan rincian harga 1 buah rack end Rp. 175.000 diganti 2 jadi Rp. 350.000, ongkos jasa Rp. 300.000

Ternyata Komponen ini masuk dalam kategori service berkala, jadi jika kendaraan anda diservice biasanya mekanik akan mengeceknya.  Untuk pemakaian yang aman, maka disarankan melakukan pengecekan sistem suspensi, rem dan komponen kaki – kaki minimal 1 tahun sekali.

Leave a Comment

%d bloggers like this: