Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Visual Editor WordPress tidak Muncul Saat Melakukan Posting

Sudah hampir 2 minggu visual editor wordpress di blog saya ini tidak kunjung muncul setelah mengupgrade ke wordpress 3.2.

Disaat kita ingin memposting artikel di wordpress, pasti kita sering bekerja pada halaman Visual pada kotak postingan wordpress dan jarang sekali pada halaman HTML. Walau sesekali waktu kita juga memakai mode HTML untuk memposting artikel, tapi kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang Visual editor yang tidak muncul atau tidak nampak pada wordpress.

APA YANG MENYEBABKAN VISUAL EDITOR MENGHILANG?

Ini yang masih menjadi pertanyaan saya selama ini, setelah wordpress mengupgrade versinya ke wordpress 3.2 banyak perubahan pada interface wordpress hingga visual editor yang tidak muncul. Salah satu penyebab yang paling umum adalah anda melakukan aktivasi dan install plugin yang tidak kompatibel dengan versi wp. Salah satu pluginnya adalah jetpack, TinyMCE Advanced, dll. TinyMCE Advanced merupakan plugin tambahan untuk melengkapi dan menambah tombol visual editor wordpress juga mengupgrade versinya ke 3.4.2 yang katanya bekerja 100% pada wordpress 3.2. Sementara Jetpack merupakan kumpulan plugin yang didalamnya terdapat askimet, wp stats dll.

BAGAIMANA CARA MENAMPILKAN VISUAL EDITOR WORDPRESS?

Ternyata sangat mudah untuk menampilkan kembali halaman visual editor wordpress yang hilang tersebut. Untuk langkah pertama buka admin wordpress anda dan masuk ke halaman plugins installed anda (http://domain anda/wp-admin/plugins.php).

Jika anda menginstall plugin TinyMCE Advanced/jetpack matikan plugin wordpress tersebut dengan menekan deactivate.

Buat sebuah postingan baru pada wordpress anda di Posts > Add New, dan visual editor wordpress anda akan muncul tanpa tambahan dari plugins TinyMCE Advanced.

Mungkin ini yang saya sayangkan, banyak tool-tool dari TinyMCE plugin yang berguna untuk mengedit saat posting di visual editor wordpress kini harus saya tinggalkan karena mungkin tidak kompetibel dengan wordpress terbaru ini.

2 thoughts on “Visual Editor WordPress tidak Muncul Saat Melakukan Posting”

  1. Maaf.. saya juta tidak pake plugin tersebut. akan tetapi saya sudah update versi terbaru.. langsung kayak gitu..

  2. Klook.com

Leave a Comment

%d bloggers like this: