Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Vicente Del Bosque Cetak Rekor

Setelah Spanyol berhasil mengalahkan Italia di final Piala Eropa 2012 dengan skor 4-0. Vicente Del Bosque “sang pelatih” spanyol sukses mengukir rekor atas namanya sendiri, dengan mengawinkan gelar juara dalam satu periode pelatih di bawah asuhannya, yaitu Piala Dunia dan Piala Eropa.

"Juara piala eropa 2012 spanyol"

Del Bosque tercatat menjadi orang kedua yang bisa mengukir prestasi tersebut. Pelatih timnas Jerman Barat, Helmut Schon,  merupakan orang pertama yang bisa membawa timnya memenangi Piala Dunia dan Piala Eropa dalam dua tahun.

Prestasi Schon itu terjadi pada turnamen Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974. Schon bisa saja mengukir sejarah lebih tinggi jika saja Jerman bisa mempertahankan gelar juara di Piala Eropa 1976. Prestasi tersebut gagal terwujud setelah Jerman Barat kalah dari Cekoslovakia lewat adu penalti.

Sementara Spanyol di bawah kepelatihan Del Bosque, berhasil meraih trofi juara Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dengan menundukkan Belanda di final,

Pelatih berusia 61 tahun itu berpeluang mencatat prestasi lebih baik dari Schon apabila berhasil mengantarkan Spanyol menjadi juara di Piala Dunia 2014. Del Bosque sendiri tidak mengindikasikan akan mundur usai Piala Eropa 2012 ini.

Del Bosque juga bisa memperpanjang catatan tak terkalahkan timnya di 20 pertandingan berkat kemenangan atas Italia itu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: