Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Tata Kelola Keuangan di Pemko Batam TA 2012

beberapa perubahan kebijakan mengenai tata kelola keuangan di pemko batam, diantaranya:

Perjalanan dinas untuk penggunaan tiket pesawat dan kapal laut/ferry menganut sistem ad cost (sesuai dengan harga tiket). Lumpsum ke Indonesia bagian Timur maksimal 5 hari, Lumpsum ke Indonesia bagian tengah 4 hari, Lumpsum ke Indonesia bagian barat 3 hari.

Puskesmas yang sebelumnya merupakan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) berubah menjadi UPT (Unit Pelayanan Teknis). Sehingga dengan berubahnya status maka jabatan terhadap pengelola keuanganpun berubah. Kepala Puskesmas yang tadinya sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) berubah status menjadi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Sementara sebagai KPA adalah kepala bidang di Dinas Kesehatan. Untuk eselonisasi tetap Kepala Puskesmas Eselon IVa dan Kepala TU nya  eselon IVb. Untuk Perbendaharaan di Puskesmas menjadi Bendahara Pengeluaran Pembantu yang sebelumnya sebagai SKPD adalah bendahara pengeluaran.

PA —> Kepala Dinas Kesehatan

KPA–> Kepala Bidang di Dinas Kesehatan

PPTK—>Kepala Seksi/Subbag di Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas

Hal yang sama juga diberlakukan pada SKPD sekretariat Pemko Batam, jika sebelumnya bagian-bagian di lingkup sekretariat dipersamakan sebagai SKPD dan mempunyai bendahara pengeluaran sendiri maka sekarang bendahara pengeluaran hanya berada di sekretariat sementara di bagian-bagian adalah bendahara pembantu pengeluaran.

Beberapa item perubahan yang lain:

– Penerbitan SPD oleh bagian keuangan pemko setiap 1 bulan sekali, sebelumnya per triwulan

– Honor Kegiatan yang bisa dibayarkan maksimal 4 kegiatan

– KPA merangkap sebagai Pejabat Pembuat Komitmen

 

 

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: