Klook.com

Begini Hebohnya Tahun Baruan di Singapura

Kami berangkat ke terminal ferry Batam Centre (Harbourfront Batam Centre) jam 07.30, ternyata parkiran pelabuhan sudah penuh dan tidak dapat menginapkan mobil. Perlu diketahui tarif parkir inap Mobil kelas MPV selama semalam di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre sebesar Rp. 31.000,-. Karena tidak ada lagi tempat parker pada akhirnya mobil saya inapkan di kantor yang kebetulan dekat dengan pelabuhan (kalo ini gratis J. )

Note: Saya mencoba tanya ke Harris Hotel, apakah bisa inapkan mobil di parkirannya dan ternyata Anda tidak boleh menginapkan mobil di Harris Hotel, karena khusus tamu hotel.

Check in dan Boarding di Harbourfront Batam Centre

Kemudian kami check in (perlihatkan tiket dan passport) di counter Majestic Ferry untuk mendapatkan boarding pass,  Kami dapat schedule keberangkatan yang jam 9.30.  Perlu diketahui Jadwal keberangkatan Majestic Ferry  setiap 1 jam 10 menit. Keberangkatan paling pagi jam 06.00 WIB. Jadi kami kehilangan 3 jadwal keberangkatan sebelumnya. 

Setelah selesai urusan check in dan mendapatkan tiket boarding pass kita lanjut menunggu diarea ruang tunggu penumpang, terlebih dahulu kita melewati x-ray. Penumpang yang ke Singapore hari sabtu ini padat banget.

Tepat jam 9.30 WIB Ferry mulai berangkat menuju Harbourfront Singapore. Majestic Ferry merupakan salah satu operator ferry yang sangat nyaman tempat duduknya dan bagus interiornya.

Isi Kartu Imigrasi

embarkation form for visitor

Saat di kapal ferry jangan lupa mengisi kartu imigrasi (embarkation form for visitor), ada banyak waktu untuk mengisinya karena lama perjalanan kita sekitar 1 jam. Jika ada kolom yang tidak tahu jangan lupa bertanya pada petugas ferry, atau penumpang disamping sobat.  Isilah form kartu tersebut dengan informasi yang benar dan selengkap-lengkapnya. Jadi jangan sampai kejadian, baru sibuk pas di depan petugas, karena sobat akan disuruh minggir untuk ngisi form tersebut. Udahlah ngantri lama eh karena hal kecil yang belum diisi mesti nunggu lagi, sungguh sangat melelahkan sodara2. INGAT NGATREE ITU SANGAT MELELAHKAN. Juga perlu diingat, pas ditanya petugas imigrasi singapura antara pertanyaan dan jawaban harus sesuai dengan yang diisi di kartu imigrasi. Setelah selesai mengisinya silahkan selipkan di dalam passpor masing-masing

kartu isian imigrasi

Tiba di Singapura jam …. . 

Check in di Imigrasi Singapore

Setibanya di Harbourfront Centre Singapore kami tidak bisa langsung check in di kounter imigrasi karena mesti ngikut antrian yang sangat padat dan merayap di counter keimigrasian Singapura untuk cap passport. Susah banget mau masuk Negara singa ini. Mungkin kalo di ukur ada kurang lebih 1,5 km itu antrean. Lepas check passport jam….

note:
Simpan potongan kartu imigrasi di dalam paspor, jangan sampai hilang jika hilang dapat menimbulkan masalah baru dengan petugas imigrasi pada saat pulang.

Intip yuk suasana di dalam kapal ferry Majestic Singapore dan di dalam MRT Singapura.

Suasana di dalam MRT
Di dalam Majestic Ferry

Jalan-Jalan di Bugis Junction

Malam hari kita jalan-jalan di Bugis Street, mengunjungi / round-round di bugis foodcourts dan bugis junctions.

Bugis Street Food Court
Bugis Junction Singapore

Pagi hari kita mengunjungi Masjid Sultan Singapore, salah satu heritage di negeri Singa yang tidak boleh dilewatkan, di sepanjang jalan menuju Masjid Sultan kira akan disuguhi jejeran bangunan tua yang dilindungi. Restoran-restoran arab dan Indonesia juga hadir berada dekat dengan Masjid Sultan. Pokoknya melayu banget lah.

WALKING menuju Masjid Sultan dari Bugis Street
Masjid Sultan Singapore

Nginap di Orchard Apartement

Orchard Road Singapore
Beli Oleh-oleh Budget di Lucky Plaza Singapore

Banyak memang lokasi di Singapura yang bisa sobat kunjungi untuk berburu buah tangan murah seperti coklat, kaos, atau sovenir gantungan kunci. Salah satu yang kita rekomendasikan adalah di “mall” Lucky Plaza Singapore yang lokasinya berada persis di jalan Orchard road singapura yang sangat ramai. Lokasi ini sangat mudah dijangkau oleh moda kendaraan apapun, mau taxi, MRT, bus atau grab dan tentunya bisa cuci mata donk, sambil duduk-duduk ngemil, bisa menjadi pilihan utama untuk hunting oleh oleh.

HARI Ke-2

Tadinya di hari pertama kami mau langsung ke Sentosa Island, karena dekat toh dengan Harbourfront Ferry, tetapi karena antrean check in di imigrasi yang padat, kami kehabisan waktu.  Maka mesti merubah jadwal lokasi mana yang mesti dikunjungi, jadi kita putuskan Hari ke-2 ke Sentosa. 

Sebelum ke Sentosa kami pagi-pagi pergi ke Downtown area tempatnya patung singa “Merlion” yang terkenal itu. 

Untuk pergi ke Sentosa kami menggunakan moda transportasi MRT dari gedung esplanade theatre (gedung durian) menuju ke MRT Harbourfront. 

(gambar pintu masuk MRT raffles ave)

Ada 6 cara supaya kita sampai ke sentosa Singapura yaitu sobat bisa menggunakan sentosa express (monorail), kereta gantung/Cable Car (Gondola), taxi, bus, atau private car dan Sentosa Boardwalk

 

Naik MRT dari Lucky Plaza Orchard ke Harbour Front Singapore Melalui Doby Gout

Dimanakah view yang paling bagus untuk melihat Kembang Api Tahun Baru di Singapura:

  1. Jubilee Bridge (latar belakang gedung pencakar langit singapura dan Marina Bay Sands)
  2. Area Merlion/depan Fullerton Hotel ( background Marina Bay Sands dan Artscience Museum)
  3. Sekitar Esplanade Outdoor Theatre (background gedung pencakar langit singapura dan Marina Bay Sands)
  4. The Promontory (background gedung esplanade)
CROWDED !!! Begini Lepas Fireworks Show di Singapore

tunggu update selanjutnya

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: