Ad Widget

Sistem Jaminan Sosial Nasional yang salah kaprah

Pemerintah dan DPR didesak untuk segera mengesahkan RUU BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) karena itu dianggap sebagai amanat UU No. 40 th.2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Namun sampaisenin lalu pembahasan RUU BPJS masih mentok karena pemerintah dan DPR belum mencapai titik temu dalammasalah transformasi empat BUMN (ASABRI, TASPEN, JAMSOSTEK dan ASKES) ke dalam BPJS.

Jaminan sosial bagi seluruh rakyat dalam sebuah negara adalah perkara yang sangat penting. Melalui program ini seluruh rakyat akan mendapatkan kesejahteraan sosial baik kesehatan, pendidikan maupun jaminan hari tua. Hal ini pula yang mungkin dimaui UU No. 40 th.2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Namun kenyataannya UU ini mengatur jaminan sosial tetapi justru mengatur tentang asuransi sosial yang akan dikelola oleh BPJS. Pasal 19 ayat 1 menegaskan, Jaminan kesehatan diselenggarakan secara nasional berdsarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas. Begitu juga dalam hal jaminan kecelakaan kerja (pasal 29), jaminan hari tua (pasal 35), jaminan pensiun (pasal 39) dan jaminan kematian pasal (43). Yang dimaksud prinsip asuransi sosial itu adalah suatu mekanisme pengumpulan dana yang bersifat wajib yang berasal dari iuran guna memberikan perlindungan atas risiko sosial ekonomi yang menimpa peserta dan atau anggota keluarganya.(Pasal 1 ayat 3)

UU ini secara fundamental telah mengubah kewajiban negara dalam memberikan jaminan sosial menjadi kewajiban rakyat. Dengan UU ini hak sosial rakyat justru diubah menjadi kewajiban rakyat. Rakyat akan kehilangan hak-hak sosialnya yang harus dipenuhi negara. Sebaliknya negara mulai menghilangkan kewajiban dari dirinya dan membebankannya kepundak rakyat. Rakyat diharuskan menanggung bebannya sendiri dan beban sesama rakyat. Itulah prinsip

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: