Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Perawatan Koin

Cara Merawat Koin Koleksi

  • Membersihkan Koin Anda

    Anda tidak disarankan untuk membersihkan koin Anda. Bahkan menggosok koin dengan kain yang sangat lembut dapat meninggalkan goresan-goresan tipis pada permukaannya. Ini akan mengurangi nilai koleksi dari koin tersebut.

    Untuk menjaga penampilan koin, kadang-kadang disarankan, dalam kasus yang sangat langka, untuk memutar-mutar koin secara perlahan pada larutan sabun lembut, bilas dengan air suling dan biarkan kering oleh udara. Jangan menggunakan pemoles perhiasan komersial pada koin. Senyawa ini mengandung butiran pengikis yang dapat menggores permukaan koin. ‘Pembersih rumahan’ seperti cuka, jus lemon dan jus tomat juga tidak boleh digunakan untuk membersihkan koin. Seluruh zat ini justru lebih bersifat merusak.

    Jika Anda merasa perlu membersihkannya, maka bawa koin Anda ke ahli perawatan koin resmi yang bisa membersihkannya untuk Anda.

  • Menyimpan Koin Anda

    Penyimpanan yang cermat sangatlah penting.. Untuk mencegah penanganan yang tidak tepat, perusahaan pencetaknya mengemas koin untuk menjaga kondisinya. Berhati-hatilah untuk menghindari kontaminasi terhadap koin jika dilepaskan dari kemasannya.

    Selain untuk menghindari goresan, lingkungan yang lembap mendorong timbulnya verdigris (suatu endapan berwarna hijau atau biru kehijauan yang disebut patina pada tembaga, kuningan dan perunggu, yang disebabkan oleh korosi atmosferik). Album dengan halaman plastik yang dibagi ke dalam beberapa kantong kecil dapat menahan kelembapan dan tidak cocok, khususnya untuk koin tembaga atau perunggu. Plastik kerap kali mengandung zat pelembut PVC. Saat terpapar pada panas dan/atau kelembapan, PVC (poli vinil klorida) melepaskan suatu bahan kimia yang dapat bereaksi dengan koin dan menimbulkan noda. Simpan koin Anda di dalam plastik bebas PVC. Kantong plastik bening ini ideal karena koleksi Anda dapat dilihat tanpa melepaskan koin dari kemasan pelindungnya. Kantong-kantong ini dapat disusun dengan mudah menjadi sebuah album koin dengan bantuan binder cincin.

    Di samping kantong plastik, terdapat pilihan amplop manila untuk koin yang terbuat dari kertas yang sangat kering. Keuntungan menggunakannya adalah bahwa Anda bisa mengenali tutup pada amplopnya. Akan tetapi, Anda harus mengeluarkan koin dari amplop agar dapat melihatnya.

    Secara tradisional, koin diletakkan di dalam rak pajang kayu. Beberapa baki dilengkapi dengan parit-parit bundar berlapis kain beludu yang menahan koin pada tempatnya. Di bagian dasar setiap parit terdapat lubang berukuran lebih kecil untuk dilewati jari saat mendorong koin dari bawah.

    Jika Anda memutuskan untuk menyimpan koleksi Anda dalam sebuah rak, pastikan rak tersebut bukan terbuat dari kayu lunak yang mengandung resin, melainkan kayu mahogani atau rosewood yang dikeringkan dengan baik. Kelembapan, minyak alami, atau asam pada kayu yang mengandung resin dapat menimbulkan noda pada koin. Hindari juga kayu oak, karena kayu melepaskan uap yang reaktif.

    Langkah pencegahan tambahan yang dapat dilakukan adalah membungkus koin Anda dengan kertas tisu lembut yang dibuat secara khusus untuk mencegah agar partikel tidak mengenai koin. Cara ini juga mampu melindungi logam dari bahan kimia berbahaya yang terkandung di udara. Pilih rak koin dengan pintu yang dapat dikunci rapat. Dimana pun Anda memilih untuk menyimpan koleksi Anda, jauhkan koin Anda dari cahaya matahari langsung dan sumber kelembapan. Unsur-unsur ini mempercepat proses korosi dan kerusakan alami pada permukaan koin Anda.

    Suatu brankas yang kuat mungkin bisa menjadi tempat terbaik untuk menyimpan koin Anda. Harap diingat untuk meletakkan alat penghilang kelembapan udara, atau kantong-kantong gel silika yang bisa Anda ganti secara rutin. Sebagian besar kolektor menempatkan koin di dalam album atau baki dengan uraian tertulis, foto, kelas, tanggal, tempat pembelian dan harganya. Alangkah baiknya jika Anda menyimpan salinan daftar tersebut di tempat yang aman.

    Sebagai langkah terakhir, pasang sistem keamanan rumah yang terpercaya. Asuransikan koleksi koin Anda terhadap pencurian, kehilangan dan kerusakan. Mengasuransikan koin merupakan suatu investasi bijak, mengingat warisan yang Anda akumulasi dengan koleksi tersebut.

Leave a Comment

%d bloggers like this: