Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Perawatan Jam Tangan

Cara Merawat Jam Tangan

Jika Anda memiliki jam tangan manual, maka Anda disarankan untuk memutar kenopnya setiap pagi. Jam tangan mekanis harus diservis setidaknya setiap tiga hingga lima tahun sekali agar mekanismenya dapat diperiksa dan dilubrikasi kembali. Bagian-bagian kecil di dalam jam tangan mengalami tekanan yang luar biasa, sehingga gesekan menjadi musuh besar mereka. Pelumasan mencegah agar bantalan tidak kekeringan dan mengikis bagian-bagian yang terbuat dari baja.

Memaparkan jam tangan Anda pada suhu tinggi, seperti menempatkannya pada dasbor kendaraan Anda atau merendamnya ke dalam bak mandi air panas, dapat menyebabkan kerusakan jam tangan, memperpendek masa pakai baterai atau dapat merusak komponen internalnya. Meninggalkan jam tangan dalam suhu yang sangat dingin membuat pergerakan jarum yang tidak teratur.

Jangan paparkan jam kuarsa analog pada daya magnet. Jika Anda melakukannya, maka jam dapat berhenti beroperasi untuk sementara atau dapat menunjukkan waktu yang lebih cepat atau lebih lambat.

Untuk memastikan bahwa jam tangan senantiasa tahan terhadap air, pastikan mahkota jam tangan selalu didorong ke arah casingnya. Anda harus memeriksakan daya tahan air dari jam tangan Anda setidaknya setahun sekali. Pengembunan di dalam jam tangan Anda merupakan petunjuk bahwa daya tahan air dari jam tangan Anda terganggu.

Untuk kinerja maksimum, lap jam tangan Anda secara teratur dengan menggunakan kain yang bersih dan lembut. Noda, bintik air dan kotoran yang menumpuk pada casing, kristal atau tali jam tangan dapat menyebabkan keausan lebih dini. Jika Anda menggunakan jam tangan tahan air Anda di pancuran air, air berklorin atau air laut, bilas jam tangan Anda dengan air bersih dan keringkan sesudahnya.

Perawatan Permukaan Kristal

  • Sebuah jam tangan bisa jadi dilengkapi dengan permukaan kristal safir anti gores, tetapi bukan berarti Anda menggeletakkan jam tangan Anda begitu saja ke atas meja atau ke dalam laci di penghujung hari. Alangkah baiknya jika Anda menyimpan atau membungkusnya di dalam kain yang lembut sebelum meletakkannya.
  • Segera ganti kristal yang pecah atau tergores. Retak sebesar helaian rambut dapat menyebabkan debu atau air masuk ke dalam mesin, sehingga mempengaruhi keakuratannya.

Perawatan Gelang Logam

  • Jika Anda melakukan kegiatan yang membuat Anda banyak berkeringat, Anda mungkin memilih jam tangan dengan gelang logam atau tali karet, daripada tali kulit.
  • Karena gelang logam dikenakan bersentuhan dengan kulit, maka debu dan keringat akan menumpuk dan akan mengotori jika tidak dibersihkan secara teratur. Ini khususnya terjadi pada bagian jala di dalam gelang logam.
  • Ketika debu dan karat menumpuk di dalam gelang, maka keringat akan melarutkannya dan dapat menimbulkan noda pada manset dan, ada kalanya, menimbulkan iritasi di kulit.
  • Bersihkan kotoran dan keringat dengan kain yang lembut dan kering. Jika jam tangan tahan air, Anda dapat sesekali membersihkan gelang dengan menggunakan sikat lembut dan air hangat bersabun. Keringkan gelang dengan sempurna.
  • Tusuk gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada gelang atau casing jam tangan.

Perawatan Tali Kulit

  • Kulit yang terbuat dari kulit asli dan alami akan mengalami kerusakan secara bertahap bila terus terkena keringat. Jika tidak dibersihkan, keringat dapat menghilangkan minyak alami dan menyebabkan kulit menjadi kering. Segala bentuk kelembapan yang timbul harus diserap dengan menggunakan kain lembut atau kertas tisu dan tali harus dibiarkan kering secara alami.
  • Residu garam dan debu dapat dihilangkan dari tali kulit dengan membersihkannya menggunakan kain lembut yang dibasahi dan sabun yang ringan (atau sabun pelana khusus untuk kulit).
  • Kenakan tali kulit secara longgar, dengan memberikan luang selebar satu jari antara pergelangan tangan dan tali kulit. Dengan begitu sirkulasi udara akan berlangsung baik dan kelembapan akan menguap.

Perawatan Tali Karet

  • Tali karet harus dicuci secara rutin dengan menggunakan sabun yang ringan dan air hangat serta sikat lembut.
  • Cairan pembersih, minyak, keringat, krim pencoklat kulit dan garam dapat menyebabkan karet rusak jika tidak dihilangkan.

Leave a Comment

%d bloggers like this: