Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Penyebab Rasa Ingin Pipis Saat Sedang Bercinta

Meski saluran untuk berkemih, berhubungan seksual dan buang air besar berbeda, tapi beberapa perempuan kerap merasa ingin buang air kecil (pipis) atau buang air besar saat berhubungan seksual. Apa penyebabnya?

Keinginan ingin buang air kecil (pipis) atau buang air besar (BAB) biasanya lebih sering terjadi pada kaum perempuan.

Bila gejala ingin pipis yang dialami perempuan terjadi sejak pertama kali hubungan intim, besar kemungkinan disebabkan karena adanya kepekaan saraf yang mengendalikan Sphincter Vesica Urinaria (pintu kantung seni) yang turut terangsang ketika terjadi penetrasi dan gerakan penis.

Ketika hubungan intim maka terjadi kebangkitan birahi sampai orgasme yang dikendalikan oleh persarafan pusat (hypothalamus di otak) dan persarafan simpatis-parasimpatis di sumsum belakang. Sebagian persarafan simpatis-parasimpatis bermuara pula di organ kandung-seni dan anus (dubur).

“Bila Anda dalam keadaan tegang atau tergesa-gesa bisa membuat kontrol persarafan simpatis-parasimpatis terganggu,” jelas Dr. Andri Wanananda MS, seksolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta, dalam konsultasi kesehatan detikHealth, Kamis (2/2/2012).

Menurut Dr Andri, hal ini mirip dengan kejadian seorang siswa atau mahasiswa yang ingin buang air kecil dan BAB berulang-ulang dalam suasana tegang ketika akan atau sedang ujian.

Penyebab lain bisa karena otot-otot rongga panggul (pelvis) tidak lentur. Coba lakukan ‘kaegel-reflex’, yaitu latihan fisik dengan gerakan seperti Anda ‘kencing dan menahan kencing’ berulang-ulang pada tiap waktu luang secara teratur.

Selain itu, bila gejala tersebut baru saja timbul (sebelumnya tidak), maka kemungkinan ada iritasi atau peradangan pada saluran kandung seni.

Leave a Comment

%d bloggers like this: