Ad Widget

Pengantar Ilmu Manajemen

"pengantar ilmu manajemen"Manajemen adalah ilmu yang menarik untuk dipelajari. Karena berhubungan dengan manusia dengan lingkungan.

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.  Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. (sumber wikipedia)

Manajemen:

—> Proses

untuk mencapai tujuan diawali dengan perencanaan dan diawali dengan controlling

—> Kolektifitas manusia

—> Ilmu dan seni

bagaimana setiap aspek bisa diayomi atau dioptimalkan.

Filosofi manajemen: ada manusianya, ada kerjasamanya, ada ilmu pengetahuan dan seni.

Manajemen merupakan seni, seni dalam mengatur dan menyakinkan orang/pasar.  Makanya orang  jepang dan china tahu sekali pola konsumerisme pasar di Indonesia, sehingga barang apapun yang mereka keluarkan laris di pasar Indonesia, sebagai contoh bola bulat dikasih roda laku kok di Indonesia.

Dalam ilmu manajemen dikenal kata efektif dan efisien.

Efektif mengacu kepada tujuan (tercapainya tujuan)–>daya guna

Efisien berkaitan dengan biaya (cost)–> tepat guna

Pembagian level manajemen dalam perusahaan:

Level atas, umumnya menggunakan konseptual atau pelaksana dalam merumuskan hal strategis.

level menengah, lebih kepada konsep dan teknis

level bawah, mencakup teknis dan operasional.

Fungsi-Fungsi Manajemen:

P-O-A-C

Planning, Organizing, Actuating dan Controlling

Sarana Manajemen :

Man dan machine, dua sarana manajemen.

Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (tools). Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengan 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan markets

koleklifitas manusia mengandung unsur kerjasama

 

Download:

Pengantar Ilmu Manajemen

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: