Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Obat Biduran

Kisah nyata- Lebaran memang identik dengan makanan. Berbagai jenis makanan dihidangkan mulai yg berjenis daging hingga ikan. Namun kita mesti berhati-hati dalam mengkonsumsi hidangan lebaran. Bisa jadi di dalamnya ada kandungan yang bikin kita alergi.

Salah satu yang biasa terjadi akibat alergi adalah biduran. Biduran atau gatal gatal sekujur tubuh secara tiba-tiba dan menyebabkan munculnya bentol-bentol kemerahan (ngagebleg). Gatal-gatal dan bentol bentol ini merata dari mulai kaki, tangan, punggung, perut, dada sampai ke muka, merupakan gejala khas biduran atau kaligata. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena alergi makanan, alergi cuaca dingin, gigitan serangga/ulat bulu, terkena virus, atau karena terpapar zat-zat alergen lainnya.

biduran

Biasanya gejalanya hilang dalam 1×24 jam. Gejala berupa gatal-gatal sekujur tubuh dan muncul bentol-bentol yang meluas jika di garuk.

Bahayanya: Garukan akan menyebabkan lecet-lecet sehingga bisa menyebabkan infeksi kulit. Kurang PD akibat bentol2 yang meluas pada kulit.

Setelah konsultasi dengan dokter, diberikanlah resep obat Cetirizine HCL 10 mg dengan dosis 1 tablet x 1 hari. Harga obatnya 1 tablet Rp. 5000,-. Minimal pembelian 1 blister (isi 10 tablet)

obat biduran

Untuk herbal saya anjurkan minum larutan kunyit dan madu.

Alhamdulilah sudah gak gatal-gatal lagi dan bentol-bentol mulai berkurang.

Leave a Comment

%d bloggers like this: