Ad Widget

Mobil Xenia anda Berbunyi Brebet…Brebet Begini Caranya!

Mobil xenia saya pernah mengalami bunyi berebet…berebet saat distarter.

Generic Banner

Ada 3 langkah yang mesti anda lakukan agar ketahuan di bagian mana sparepart yang terjadi masalah:

1. Periksa Bagian Selang yang Terhubung Langsung ke Bagian Pompa Bensin

Bahan bakar seperti halnya bensin, biasanya akan menyisakan kotoran saat proses pembakaran. Kotoran ini nantinya akan mengendap di dalam tangki yang lama kelamaan akan semakin menumpuk. Kotoran yang menumpuk ini secara otomatis akan tersedot oleh selang dan menjadi menumpuk di bagian pompa bensin. Kondisi inilah yang menyebabkan mobil terasa brebet saat anda sedang mengegasnya.

Kotoran yang menyumbat akan membuat bagian ini menjadi semakin melemah dan bahkan tidak sedikit kasus mesin menjadi mati karena terlalu banyak kotoran yang terdapat di bagian tersebut.

2. Lakukan Pengecekan Pada Bagian Saringan Bensin

Jika anda melihat dan memperhatikan secara seksama pada bagian saringan bensin, pasti anda akan menemukan perbedaan dari kedua katupnya. Dua katup ini terhubung ke bagian yang berbeda. Katup yang satunya terhubung langsung dengan bagian pompa bensin dan katup yang satunya lagi terhubung ke bagian karburator atau pun ke bagian injeksi.

Saringan bensin yang sudah kotor juga akan menyebabkan suatu masalahnya seperti mobil brebet saat sedang di gas. Kebersihan memang menjadi salah satu solusi terbaik sobat. Untuk itu selalu lakukan pengecekan rutin terhadap komponen – komponen mobil yang berhubungan dengan bahan bakar ya sobat. Terkadang tidak sedikit orang yang melihat saringan bensinya dipenuhi dengan uap air yang tentu saja ikut menyumbang masalah brebetnya mobil anda.

3. Lakukan Pemeriksaan Pada Bagian Busi

Bagian busi juga merupakan salah satu komponen penting yang wajib anda jaga kondisinya. Tidak sedikit masalah yang terjadi pada bagian busi sehingga menyebabkan mobil menjadi brebet dan terkadang juga menjadi penyebab knalpot mobil nembak. Busi memang sangat riskan terkontaminasi dengan kotoran secara langsung. Untuk itu anda wajib memberikan perhatian lebih ya sobat.

Bukan businya saja yang membuat mobil menjadi brebet, namun bagian kabel busi juga bisa membuat mobil brebet lo sobat. Bagi sobat yang belum mengetahui ciri fisik dari kabel busi, sobat bisa perhatikan sekarang. Kabel busi yang baik, kondisinya akan baik tanpa adanya retakan ataupun pecah.

Jika anda melihat terdapat retakan atau pun bahkan pecahan di bagian kabel tersebut, maka anda bisa langsung menggantinya dengan kabel yang baru. Kerusakan yang terjadi jika tidak segera diganti akan mengurangi kinerja dari busi itu sendiri.

Selanjutnya apabila businya juga tidak kelihatan baik, ada baiknya anda menggantinya juga. Harganya tidak mahal kok sobat. Namun yang perlu anda ingat adalah merk yang digunakan. Samakan merknya dengan sebelumnya, jika tidak maka mobil kemungkinan akan pincang dan timbulah brebet pada mobil tersebut.

4. Lakukan pemeriksaan pada penghubung antara pembuangan pembuangann bensin ke knalpot

5. Gunakan Bahan Bakar Dengan Kualitas Baik

Bahan bakar dengan kualitas baik seperti halnya pertamax, akan membuat mobil anda tetap prima dan dalam kondisi baik. Sehingga masalah brebet pada mobil bisa dihindari bahkan bisa ditekan. Jangan lihat dari segi harganya saja layaknya premium yang harganya murah, namun dampaknya pada mesin mobil anda cukup memprihatinkan.

Sisa pembakaran premium akan menghasilkan kotoran yang mengendap di mesin tersebut. Boleh saja anda menggunakan premium, yang terpenting anda wajib memberikan selingan pertalite atau pertamax untuk menstabilkan peformanya. Selain itu penggunaan bahan bakar yang tepat merupakan cara merawat tangki bahan bakar mobil yang baik agar tidak cepat keropos karena kotoran yang telah lama mengendap.

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: