Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Menggunakan rumus pangkat di excel

Menggunakan rumus pangkat di excel 2010

(fungsi power/kuadrat)

Seringkali kita menghitung fungsi kuadrat yang melebihi angka 2 misalnya 4,2 pangkat 11, tentu saja perhitungan seperti ini jika dijalankan manual akan memakan waktu. Apalagi jika ada sedang mengerjakan soal UTS/UAS, pasti bingunya minta ampun karena tidak membawa kalkulator fungsi.
Termasuk saya yang kesulitan mengerjakan soal-soal manajemen keuangan lanjutan ketika mengerjakan soal future value dan present value.
Nah kalo kita diperbolehkan membawa laptop atau smartphone kita menggunakan fungsi excel untuk menghitung ini
Salahsatu fungsi matematika yang terdapat di excel 2010 untuk perhitungan pangkat adalah fungsi power yang mempunyai syntax Power(number, power). Dengan fungsi power tersebut kita bisa  menghitung nilai pangkat sebuah bilangan dengan mudah. Selain fungsi power terdapat juga operator pemangkatan yaitu tanda (^), misalnya x^y . Dimana y adalah angkat pangkat/kuadrat
Dalam postingan kali ini akan diterapkan perhitungan pangkat sebuah bilangan, nilai pangkat dapat berupa angka bulat maupun pecahan. Salah satu istilah pemangkatan yang sering dilakukan adalah kuadrat, yang sebenarnya adalah pangkat dua sebuah bilangan (x^2).
contoh soal:
3 pangkat 4
maka di kolom excel rumusnya sebagai berikut
=3^4

Leave a Comment

%d bloggers like this: