Klook.com

Mengenal Pinterest

Pernah denger Pinterest. Saya yakin banyak yang belum denger,  mungkin juga anda pernah membaca dan mendengar kata itu diberbagai chanel social media. Apa itu Pinterest dan bagaimana menggunakannya?. Bagaimana cara menggunakan Pinterest ? apa saja fitur menarik dari Pinterest?

Pada webnya di jelaskan bahwa Pinterest adalah sebuah Virtual Pinboard. Dengan Pinterest bisa berbagi dan mengelola photo, gambar yang kita sukai dari berbagai web atau kita upload sendiri. Jika saya simpulkan pinterest itu ibarat kliping online

Apa itu Pinterest ? Pinterest adalah website jejaring sosial baru yang mengusung konsep share papan buletin virtual yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola apapun yang dia sukai berbasis media gambar atau foto.

Misi situs ini adalah Mengkoneksikan Semua Orang di Dunia Melalui “HAL” Yang Mereka Anggap Menarik.

Mengapa Pinterest layak di coba?

Jejaring sosial ini memiliki gabungan kemudahan yang ditawarkan oleh jejaring sosial lain, yakni :

  1. Sistem jaringan sosialnya menggunakan “follow” dan “unfollow” seperti Twitter.
  2. Bookmark link (atau dinamakan pin) menggunakan konsep seperti tombol “+” seperti yang digunakan Google Plus.
  3. Link yang sudah di-pin otomatis akan masuk ke “board” pengguna (mirip halaman profil atau Timeline Facebook).
  4. Dalam setiap postingan, akan ada tombol “Comment” dan “Like” seperti Facebook, dilengkapi tombol untuk “Repin” (mirip fungsi “Retweet” di Twitter).
  5. Setiap kali ada yang melakukan “Repin”, “Comment”, atau “Like” di postingan Anda, akan terdapat notifikasi yang masuk ke alamat email yang terdaftar. Sehingga Anda bisa mengikuti perkembangan Pinterest tanpa harus login ke website jika sedang sibuk.
  6. Login yang sangat mudah, bisa menggunakan akun Twitter atau Facebook, atau bisa juga dengan membuat akun Pinterest baru.
  7. Pinterest bermanfaat bagi blogger untuk mempromosikan tulisannya, juga bagi pengusaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produknya.
  8. Pencarian yang dilakukan pengguna Pinterest sudah terkotak-kotak berdasarkan kategori, sehingga bagi kalangan pebisnis, hal ini menguntungkan karena pelanggan lebih fokus

Pinterest mulai dikembangkan tahun 2009, diluncurkan sebagai beta tertutup pada maret 2010. Pada tahun 2011 Pinterest dinobatkan sebagai “50 Website terbaik 2011? oleh Time Magazine. Pada Desember 2011, Pinterest juga dinobatkan sebagai salah satu dari “Top 10 Social Networks”. Pada bulan Januari 2012, Score.com melaporkan situs tersebut memiliki 11,7 juta pengguna unik sehingga menjadi situs tercepat dalam sejarah untuk menembus 10 juta pengunjung unik. Pinterest juga mendapat gelar Best New Starup TechCrunchs Tahun 2011.

Lalu, bagaimana cara memulai Pinterest? Bagaimana cara mengatur halaman Pinterest?
Untuk mendaftar Pinterest, pengguna baru harus menerima undangan dari seorang teman yang sudah terdaftar di Pinterest atau meminta undangan langsung dari website Pinterest. Setelah Anda sudah mendapatkan undangan Anda, hal pertama yang akan Anda lakukan adalah mengatur halaman profil Anda.
Bagi yang belum pernah melihat tampilan Pinterest seperti apa, bisa melihat tampilan akun milikMark Zuckerberg sang pendiri Facebook. Ini dia : http://pinterest.com/zuck/
Bagaimana Cara Meminta Undangan Langsung dari Website Pinterest ?

Buka Pinterest.com, kemudian klik pada Request an Invite, seperti gambar berikut :

Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut :

Masukkan Alamat email Anda dan klik Request Invitation. Jika berhasil akan muncul pesan pemberitahuan yang berisi ucapan terimakasih dan bahwa mereka akan mengirimkan undangan bergabung secepatnya.Jika Anda membuka email yang Anda masukkan tadi, maka di inbox Anda akan terdapat email dari Pinterest dengan judul Thanks for Joinning the Pinterest Waiting List.
Nah, tinggal tunggu saja email pemberitahuan berikutnya.
Note:
Pin : Image/gambar yang Anda publish di Pinterest. Anda dapat memberi link gambar dari situs lain atau meng-upload gambar dari komputer Anda kemudian memberi caption pada gambar itu.

Repin: Setelah gambar dipin, kemudian dapat repinned oleh pengguna Pinterest lainnya. Ini adalah bagaimana konten menyebar secara viral. Jika Anda melihat sesuatu yang Anda suka di Pinterest.com, Repin untuk berbagi dengan teman Anda.

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: