Ad Widget

Masker Wajah dari Buah Wortel

 Masihkah ingat nasehat orangtua kita semenjak kecil, “Minum jus wortelnya agar mata bersinar dan sehat,”. Sayuran berwarna oranye memang ini sarat dengan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Padahal jika ditelusuri lebih lanjut, manfaat wortel tak berhenti di situ saja.

Ketimbang sayur-sayuran lainnya, wortel memiliki kandungan beta karoten terbanyak, dan sifat antioksidannya tersebut terbukti mampu melawan kerja sel kanker dalam tubuh. Penelitian juga membuktikan bahwa wortel bisa menambah sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka bakar dan batuk, mengurangi konstipasi, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, adanya unsur pectin di dalamnya juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi wortel secara teratur memang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit wajah.
Apalagi bagi Anda dengan keluhan kulit wajah kering, kusam, bersisik, dan kerap gatal. Nah, kandungan vitamin A pada wortel mampu mengatasi keluhan tersebut, karena vitamin jenis ini siap menjaga jaringan permukaan kulit.

Karoten-nya pun bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, memperlambat munculnya kerutan dini, hingga memperhalus permukaan wajah. Tak hanya perawatan dari dalam semata, perawatan luar juga bisa dilakukan dengan wortel. Betul, dengan menjadikannya masker wajah!
Masker Wortel Buatan Sendiri
Anda tak perlu terus-menerus berkunjung ke rumah kecantikan guna merawat kecantikan wajah, karena masker wortel pun dapat tercipta dari dapur Anda sendiri. Hemat waktu dan biaya, kecantikan kulit juga terus terjaga. Coba saja!

• Untuk Kulit Normal – Berminyak. Pilih dua hingga tiga buah wortel yang masih segar. Kupas kulitnya, cuci, rebus hingga lunak, dan lumatkan. Setelahnya, Anda tambahkan empat sendok makan madu pada ramuan masker wortel tadi. Kenapa madu? Karena cairan alami tersebut bermanfaat untuk mengurangi pembengkakkan dan membunuh kuman.

Setelah dicampur merata dengan madu, tambahkan juga minyak zaitun (olive oil); ini berguna untuk menjaga kelembutan kulit. Jika kulit Anda benar-benar berminyak, tambahkan pula perasan jeruk lemon. Setelah tercampur dengan baik, oleskan secara merata pada wajah dan leher Anda. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

• Untuk Kulit Normal. Bagi Anda yang memiliki wajah normal, coba ramuan masker yang satu ini. Campurkan lumatan wortel dengan empat sendok makan yoghurt tanpa rasa, alias polos. Setelah diaduk merata, oleskan masker tadi pada wajah dan diamkan hingga 20 menit.

Mudah bukan? Saatnya menggunakan kosmetika alami, termasuk wortel untuk masker wajah Anda :)

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: