Ad Widget
manfaat ubi ungu

Manfaat Ubi Ungu

“Berdasarkan penelitian, ubi ungu dapat membantu menurunkan berat badan”

Generic Banner

Adapun Manfaat Ubi Ungu adalah sebagai berikut:

1. Kaya akan serat

Ubi ungu yang masih lengkap dengan kulitnya merupakan salah satu makanan yang tinggi serat. Bahkan dibanding dengan kentang, ubi ungu lebih tinggi kandungan seratnya.

Dalam satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 4 gram serat. Jumlah tersebut sudah memenuhi 15 % dari nilai harian asupan serat. Sementara dalam satu buah kentang ukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat atau 9 persen dari nilai harian asupan serat. 

Tingginya kandungan serat dalam ubi ungu dapat membantu mengurangi berat badan. Pasalnya, serat membuat Anda merasa kenyang setelah makan dan mennjaga nafsu makan.

Ubi ungu juga mengandung jenis serat tertentu yang disebut pati resisten. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Biomedical and Enviromental Science, diet yang kaya akan pati resisten membantu mengurangi risiko obesitas.

Selain itu, asupan serat yang cukup juga dapat menjaga kadar kolesterol Anda tetap rendah, melindungi dari dari penyakit kardiovaskuler, serta mengurangi risiko kenaikan gula darah. 

2. Mengandung karbohidrat kompleks

Kandungan dalam satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 28 gram karbohidrat kompleks. Sekilas hal tersebut mungkin tidak terdengar terlalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi karena rendah kalori dan tinggi nutrisi, ubi ungu dapat memberikan Anda asupan energi tambahan yang menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan.

Selain itu, kandungan karbohidrat sehat ini juga membantu otak Anda memproduksi glukosa, yang dapat menjaga konsentrasi dan fokusitas. Tentu, hal ini penting bagi Anda supaya bisa tetap fokus menjalani diet.

3. Membantu mengontrol gula darah

Warna ungu dari ubi ungu berasal dari senyawa yang disebut anthocyanin, yang diketahui memiliki sifat antioksidan kuat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Nutritional Biochemistry” menemukan bahwa kandungan anthocyanin dalam ubi ungu membantu menekan lonjakan gula darah setelah makan akibat resistensi insulin. Hal ini membuat ubi ungu memiliki manfaat untuk membantu mengelola kadar glukosa darah dan berpotensi mengurangi komplikasi dari penyakit diabetes.

Video Lengkapnya di Youtube

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: