Ad Widget

Manfaat Buah Naga

Buah Naga merupakan buah yang mempunyai manfaat bagi kesehatan, Buah Naga ini memiliki bentuk yang sangat menarik umumnya berwarna merah, bersisik pada bagian luar buah hal itu yang membuatnya kerap kali disebut sebagai buah Pitaya. namun buah naga ini juga ada yang berwarna Merah Muda ataupun berwarna Kuning. Pada artikel ini saya akan menjabarkan tentang Manfaat Buah Naga untuk kesehatan.

Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatannamun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina,Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara danTiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari. (wiki)

Sejarah: Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan diEropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

jadi Buah Naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus Selenicereus. Dragon Fruit ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Indonesia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus dan hanya mekar pada malam hari hal ini yang menjadikan alasan kenapa kerap kali buah ini disebut Moonflower dan Lady of the Night.

Selain Bentuknya yang menarik dari luar didalamnya terdapat semacam bubur dengan biji hitam kecil dan bagian bubur inilah yang bisa dimakan dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan dalam buah naga

Buah Naga ini mengandung gizi yang sangat penting bagi tubuh adapun kandungan gizi dalam 1 Buah naga adalah sebagai berikut.

  • Niasin – 1,3 mg
  • Riboflavin – 0,044 mg
  • Tiamin – 0,0 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Vitamin B3 – 0,43 mg
  • Vitamin B2 – 0,045 mg
  • Vitamin B1 – 0,043 mg
  • Besi – 0,65 mg
  • Fosfor – 36,1 mg
  • Kalsium – 8.8 mg
  • Karoten – 0,012 mg
  • Serat kasar – 0,9 g
  • Lemak – 0,61 g
  • Ash – 0,28 g
  • Protein – 0,229 g
  • Moisture – 83 g

Manfaat Buah Naga

1. Buah naga adalah sumber antioksidan yang baik, mencegah radikal bebas dan melindungi dari menyebabkan kanker.

2. Dapat Membantu menetralkan zat-zat beracun seperti logam berat yang ada dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah naga dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.

3. Buah Naga Mengandung Vitamin C dengan kadar yang tinggi. hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.

4. Vitamin B2 hadir dalam buah naga bertindak seperti multivitamin dan membantu untuk memperbaiki dan memulihkan hilangnya nafsu makan.

5. Vitamin B1 dalam buah ini membantu dalam meningkatkan produksi energi dan juga dalam metabolisme karbohidrat.

6. Dengan mengkonsumsi Buah Naga secara teratur dan rutin dapat membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut tentunya hal ini juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur.

Nah itu saja yang bisa saya posting di malam hari ini mengenai Manfaat Buah Naga,  jadi yuk kita mulai hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan makanan penuh gizi, olahraga, dan istirahat yang cukup agar kita terhindar dari penyakit. Semoga bermanfaat.

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: