Ad Widget

Jamur termahal di dunia

Penampilan boleh saja tdk menarik. Namun, jamur truffle, konon adalah jamur termahal di dunia. Harganya, saat ini mencapai sekitar Rp 40 juta per kilogram.
Itu harga di Italia. Kalau di Indonesia, harganya pasti lebih mahal.
Saking mahalnya, jamur ini disebut sebagai ‘permata dapur’. Mengapa mahal? Jawabannya sederhana: langka. “Hanya bisa ditemui di alam liar,”.

Jamur truffle, tumbuh di dalam tanah, di sekitar akar pohon oak. Uniknya, ketika satu waktu jamur itu ditemukan di sebuah tempat, tahun depan di tempat yang sama akan ditemui jamur itu juga. “Jadi para pemburu jamur sudah punya peta dimana saja tempat yang biasa ditumbuhi jamur, “ ujarnya.
Jamur truffle, bisa dimakan langsung. Walaupun memang, yang hanya bisa menikmatinya harus mengeluarkan kocek tak kurang dari Rp 1 juta, hanya dalam satu salad dengan tiga irisan tipis jamur ini di hotel berbintang.
Rasa dan aroma dari jamur ini sangat khas, tak ada pada makanan lain. Baunya sangat tajam dan menyengat. Baunya terasa gurih, seperti bawang, keju, dan bahan lain dengan rasa tajam, menyengat, dan harum.

Bila ingin menikmati jamur truffle namun malas membayar mahal, jangan khawatir. Kini, ada bahan-bahan masakan yang ditambahkan kandungan jamur truffle di dalamnya (truffle infuse).
Bahan masakan itu berupa garam yang mengandung truffle, truffle butter, olive oil dengan truffle infuse, juga balsamic yang mengandung jamur termahal ini. Selain itu, ada juga macam-macam pasta yang ada kandungan jamur trufflenya ini.
Semua bahan-bahan ini, diimpor langsung dari Italia.
Harganya? Sebotol kecil ukuran 100 gram, harga truffle salt sekitar Rp 115 ribu. Mau mencoba?

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *