Ad Widget

FENOMENA HIBURAN RESEPSI PERNIKAHAN

Hiburan adalah hal yang biasa kita temui dalam sebuah resepsi pernikahan, yang biasanya berupa lantunan lagu dan musik yang enak didengar dengan maksud bisa menghibur tamu undangan selama hadir di acara resepsi pernikahan.
Sebelumnya saya bahas dulu seputar resepsi pernikahan. Pada dasarnya Resepsi Pernikahan adalah sebuah hal yang dilakukan dengan maksud :

– Memberitahukan khalayak ramai tentang syahnya hubungan suami istri, yang telah
dilakukan melalui akad nikah,
– Memohon do’a dan restu dari berbagai pihak untuk kelanggengan dan kebahagiaan selama
menjalani kehidupan rumah tangga,
Tanda syukur atas nikmat Allah SWT atas kebahagiaan yang telah dilimpahkan-Nya
melalui ikatan pernikahan.

Saya sengaja mempertebal dan memiringkan huruf pada point ketiga diatas karena kita akan fokus pada pembahasan itu. Proses kita hingga sampai ke kursi pelaminan sebenarnya telah ditetapkan oleh Allah SWT, mulai dari pertemuan Anda dengan pasangan Anda, proses ta’aruf Anda, perencanaan pernikahan Anda sampai acara resepsi pernikahan Anda.
Oleh karena itu, sepatutnya kita bersyukur atas nikmat itu. Dan cara bersyukur yang tepat adalah kita bersyukur dengan cara yang dianjurkan oleh Pemberi Nikmat tersebut.
Sebagian besar dari masyarakat disekitar Kita pasti sudah dibiasakan dengan menampilkan grup dangdut sebagai acara hiburan di resepsi pernikahan mereka. Mohon maaf, bukannya saya melarang menampilkannya, tapi fenomena saat ini, para grup dangdut sedang gencar promosi dengan menampilkan artis-artis cantik dengan busana yang kurang pantas dan menampilkan sebagian besar auratnya, karena mereka pikir dengan begitu, maka akan semakin banyak panggilan terhadap mereka.
Ternyata pemikiran mereka benar, karena memang banyak pihak yang memanggil mereka yang lebih WAAH penampilannya untuk mengisi acara mereka. Oleh karena itu, sebenarnya tanpa disadari kita telah menjadi sumber maksiat bagi orang lain. Berikut pemaparannya.
– Anda mengundang sebuah grup dangdut untuk mengisi acara Anda,
– Para tamu undangan melihat aurat dan memancing nafsu mereka, terutama kaum laki-laki,
– Tamu yang terpesona melihatnya kemudian merencanakan untuk mengundang mereka
mengisi acara seperti itu nantinya, tetapi dengan porsi yang lebih WAAH….
– Para grup dangdut semakin gencar promosi dengan penampilan lebih WAAH lagi, supaya
semakin banyak yang memanggil mereka.
– Dan seiring perkembangan jaman, kita banyak menyaksikan penampilan grup dangdut yang
kurang bahkan tidak pantas untuk dipertontonkan kepada khalayak ramai, khususnya umat
Islam.

Perlu saya ingatkan, hal-hal hiburan seperti itu tidak diriho’i Allah SWT sama sekali, karena dengan jelas Allah melarangnya. Jika kita tetap melakukannya dan mempertontonkannya kepada para tamu undangan kita, maka bukan keberkahan dan pahala
yang kita dapatkan, melainkan murka Allah dan dosa para tamu kita yang disuguhi aurat oleh kita.
Mohon maaf jika artikel terakhir ini tidak berkenan dihati Anda, tapi bagaimanapun, saya harus menyampaikan kebenarannya, dengan harapan kita bisa memperbaiki keadaan yang sudah menjadi kebisaaan di masyarakat ini.

Tapi, selain saya mengkritik, saya pun akan mencoba memberikan saran kepada Anda yang memang sedang dibingungkan dengan acara hiburan untuk resepsi pernikahan Anda. Tidak perlu bingung, tidak ada larangan dari Allah SWT untuk bermusik dan bernyanyi, jika musik dan nyanyian kita tidak membuat kita lupa dari Allah SWT, bahkan bisa membuat kita lebih dekat kepada-Nya. Oleh karena itu, sebagian orang yang peduli akan hal ini mencoba menyuguhkan hiburan yang sesuai dengan ketentuan Allah SWT, yakni hiburan NASYID. Definisi nasyid sebagai format kesenian adalah senandung yang berisi syair-syair keagamaan. Orang yang menyanyikan nasyid bisaanya disebut MUNSYID.

Nasyid tidak hanya sekedar lagu, akan tetapi memiliki nilai spiritual yang tinggi baik dari segi syairnya maupun munsyidnya. Syair atau lirik nasyid harus memiliki pesan ruhani atau pesan islami yang kuat. Imam Al Mawardi mengatakan bahwa syair-syair yang diungkapkan oleh orang-orang Arab lebih disukai apabila syair itu mampu menumbuhkan rasa waspada terhadap tipuan atau rayuan dunia, cinta kepada akhirat, dan mendorong kepada akhlak yang mulia. Kesimpulannya, syair seperti ini boleh jika selamat atau bebas dari kekejian dan kebohongan.
Nasyid tidak terlalu kuno dan monoton untuk ditampilkan, karena berbagai pembawaannya yang bervariatif sehingga menghasilkan lagu yang dinamis yang akan menghibur dan menggembirakan para tamu undangan. Selain itu, dengan semakin banyaknya orang yang memberikan hiburan berupa nasyid ini, maka semakin banyak pula orang yang tertarik untuk menampilkannya pada acara mereka, hal ini bisa membuat Anda kebanjiran pahala, karena telah memberikan hiburan yang sesuai
dengan syari’at Allah SWT, yang berisi nilai-nilai dakwah. Jika Anda kebetulan tertarik dan berniat untuk menampilkan nasyid, tidak perlu bingung mencarinya, karena saya punya informasi mengenai grup nasyid yang pantas untuk Anda tampilkan di acara Anda, baik dari segi penampilannya, lantunan lagunya, serta hal lainnya, yang bisa membuat tamu undangan Anda merasakan kepuasan saat hadir di resepsi pernikahan Anda, dan dengan ikhlas memberikan do’a restu mereka kepada Anda…. Sehingga
kehidupan rumah tangga Anda penuh keberkahan dan Ridho Allah SWT.

Mari kita ganti kebisaaan buruk kita dengan kebaikan, mulai dari hal yang kecil, mulai
dari diri sendiri, dan mulai saat ini…..

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: