Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Cara Merubah Permalink Postname ke Postname.html

Platform WordPress merupakan salah satu platform yang menyediakan URL permalink unlimited yang bisa dicustom sesuai dengan keinginan, hal ini berbeda dengan blogger yang harus menyematkan bulan dan tahun pada permalink.

Nah kali ini saya ingin berbagi cara mengubah permalink wordpress menjadi seo friendly yang mudah dipahami oleh mesin pencari dan pengunjung blog.

Lalu seperti apa URL yang seo friendly? URL yang seo adalah mengandung keyword dan mudah dipahami. Karena secara default permalink wordpress adalah menggunakan angka-angka jadi tidak mudah dipahami.

Sebagai contoh perhatikan permalink wordpress berikut:

Permalink Default: https://kangdadang.com/?p=123

Permalink Seo Friendly: https://kangdadang.com/permalink-seo-wordpress/

Dari perbedaan diatas sudah diketahui dan tentu lebih paham dan enak pilihan yang kedua, dengan menyematkan keyword postingan dan ini salah satu hal penting Google bisa merayapi keyword pada permalink sehingga blog mudah terindek.

Simak tutorialnya berikut: Cara Mengubah URL postname Menjadi postname.html

Tutorial ini juga bisa digunakan oleh pengguna blogger jika ingin mengubah permalink menjadi SEO Friendly namun hanya sebatas pengaturan keyword saja.

Tutorial ini berlaku untuk wordpress self hosting bukan wordpress.com. Jika anda menggunakan WordPress hosing sendiri silahkan ikuti langkah-langkah berikut sampai selesai:

  1. Silahkan login
    1. Terakhir klik save untuk menyimpan perubahan.

    Keunggulan permalink post name adalah simpel dan pendek karena hanya menampilkan url nama blog dan judul postingan saja.

    akun wordpress anda

  2. Pilih menu Setting >> lalu pilih permalinks >> Silahkan pilih permalink Post name kemudian Custom structure. Lihat gambar berikut:
  3. Cara Mengubah URL Permalink WordPress Menjadi SEO Friendly
  1. Terakhir klik save untuk menyimpan perubahan.

Keunggulan permalink post name adalah simpel dan pendek karena hanya menampilkan url nama blog dan judul postingan saja.

Buat blogger yang sudah terlanjur menggunakan permalink buka seperti diatas, maka perlu menggunakan plugin migrasi permalink. Ini bertujuan agar tidak terjadi eror 404 yang menyebabkan traffic hilang karena dipencarian search engine mengalami eror ini akan berdampak fatal jika anda tidak redirek ke permalink yang baru.

Plugin untuk redireck permalink wordpress adalah Simple 301 Redirects, dengan plugin ini maka akan mengubah permanen redirection sehingga dalam pencarian akan secara otomatis masuk pada permalink yang baru.

Plugin lain yang bisa digunakan adalah SEO Redirection, Redirect, Quick Page/Post Redirect, 404 to 301, Dll. Anda bisa memmilih salah satunya dan mulai redirect permalink.

Buat anda pengguna URL permalink hasil migrasi Blogger ke WordPress bisa menggunakan cara paling mudah dan simple berikut untuk redirect ke permalink baru.

Permalink bawaan blogger: https://kangdadang.com/2020/01/permalink-seo-wordpress.html

Permalink WordPress SEO: https://kangdadang.com/permalink-seo-wordpress/

Caranya sebagai berikut:

  1. Silahkan login ke Cpanel anda >> lalu pilih File manager >> Pilih Publict_html >> lalu cari .htaccess kemudian klik kanan pilih edit

cara edit htaccess di cpanel

  1. ss

 

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: