Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Cara Mengatasi Benjolan Pada Anak

Pernahkah anda panik saat anak anda terbentur tembok atau bertengkar dengan saudaranya sehingga bertabrakan dan menyebabkan benjolan pada kepala anak?Jangan panik dulu, benjolan karena benturan yang tidak terlalu keras bukan masalah besar. Sepanjang anak anda tidak pingsan, muntah, sakit kepala, muncul cairan keluar dari telinga/hidung, mimisan pada hidung, atau retaknya tulang tengkorak anda tidak perlu khawatir.

Lalu bagaimana mengatasi benjolan pada kepala si kecil tersebut? Begini cara menanganinya:

1. Lakukan Kompres dengan air es selama 10 sampai dengan 15 menit untuk menghilangkan pembengkakakan pada jaringan lunak, dan berikan ia pelukan atau massage pada punggung untuk mengurangi rasa sakit. 

2. Observasi tanda-tanda lain selama 48 jam berikutnya. Jika anda merasa  khawatir, lakukan penggelitikan pada kaki saat si kecil tidur untuk memastikan ia masih bergerak. 

3. Bersabarlah. Benjolan pada kepala anak akan kempis dalam beberapa hari ini. Biasanya memar akan terlihat selama berminggu-minggu. Jika cedera di dekat mata, mungkin terjadi pembengkakan di daerah tersebut akibat darah mengering dari area memar selama pemulihan. Tidak ada yang dapat Anda lakukan kecuali menunggu

Leave a Comment