Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Belajar Gamelan Lewat Internet

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merancang program pembelajaran gamelan melalui dunia maya. Perangkat software-nya saat ini sedang disiapkan bersama Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

“Jadi nanti mereka yang ingin belajar gamelan tidak perlu datang langsung ke sini. Cukup download dan saat itu juga bisa langsung belajar,” kata Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Gusti Raden Ayu Koes Murtiyah di Solo.

Meski masih dalam tahap proses pembuatan, namun cara kerja software yang diistilahkan sebagai digitalisasi gamelan itu kurang lebih sama dengan permainan interaktif. Pengguna hanya tinggal mengikuti instruksi dan langkah-langkah yang telah disediakan.

Pembelajaran menggunakan piranti teknologi informasi ini dinilai lebih efisien. Pasalnya tidak lagi dibutuhkan kehadiran perangkat gamelan secara fisik untuk belajar.

Selain itu, jangkauannya jauh lebih luas dan bisa diakses dari seluruh belahan dunia. Menurut rencana, program digitalisasi gamelan ini akan diluncurkan sekitar Juli 2012 mendatang.

Leave a Comment

%d bloggers like this: