Ad Widget

Batuk itu Sehat Lho!

Anda tahu, kalau yang namanya batuk itu ternyata menyehatkan? Perlu anda ketahui Batuk ternyata adalah fungsi pertahanan tubuh yang diciptakan Allah SWT untuk manusia, dengan bentuk respon adaptif tubuh yang cepat ketika ada benda asing yang masuk ke tubuh, khususnya bagian tenggorokan. Karenanya batuk bisa terjadi dalam keadaan sehat, sehingga bisa dikatakan “batuk itu menyehatkan“.

Pada hidung, tenggorokan dan organ tubuh manusia terdapat reseptor yang disebut mucus yang berfungsi menangkap benda-benda asing yang masuk ke tubuh manusia. Reseptor ini diproduksi oleh sel-sel goblet (sedang ada project penelitian microbiology mengenai sel ini). Mucus memproduksi zat mucin dan beberapa zat yang mengandung garam. Salah satu jenis mucus adalah dahak (phlegm).

Jadi, ketika ada zat asing ( asap, bau yang tajam, debu, serbuk, kotoran yang terbawa angin, dll) masuk ke hidung, mucus bekerja layaknya sebagai satpam dengan membuat perangkap berupa mucin untuk menangkap zat asing tadi. Perangkap tadi berfungsi ganda selain untuk menangkap musuh, juga untuk menjaga agar lapisan di hidung tetap basah.

Seandainya kotorannya lolos sampai ke tengggorokan, dia ditahan dengan produksi dahak. Karena dahak berupa lendir yang menghambat nafas, maka respon yang dibentuk tubuh adalah “batuk”, dengan batuk  kita bisa mengeluarkan dahak tersebut. Sayangnya musuh kadang-kadang sudah melepaskan senjata (bambang) pamungkasnya waktu masuk ke tenggorokan, dan kebetulan satpam-satpam yang lain di dalam tubuh kita (antibodi) sedang sotoy bin letoy karena `gajinya`(baca = nutrisi) kurang. Akibatnya tubuh kita meriang, demam, kemudian disusul flu, pilek, dan batuk. Biasanya kita dianjurkan untuk minum vitamin C, makan buah dan sayur, minum air putih yang banyak dan menghindari minuman dingin.

"batuk berdahak"

Adapun dahak yang diproduksi di tenggorokan memiliki kandungan zat kimia yang bervariasi tergantung iklim, genetik dan kondisi sistem pertahanan tubuh kita. Umumnya berupa larutan kental yang mengandung gel yang merupakan larutan glicoprotein, imunoglobin, lipid, dll.

Warna dahak mengindikasikan parahnya gejala penyakit batuk:
1. Dahak yang sehat warnanya bening atau putih
2. Dahak berwarna kuning pertanda gejala demam batuk pilek biasa
3. Dahak berwarna hijau pertanda adanya indikasi pneumonia
4. Dahak berwarna coklat pertanda perokok berat dan pebatuk berat
5. Dahak bercampur darah pertanda TBC

Sodara-sodara di Jepang,  ada cara jadul untuk mencegah terkena infeksi virus atau bakteri, terutama ketika pergantian musim, atau terkena flu (kaze) yaitu dengan mencuci tangan (te o arau) dan mencuci tenggorokan (ugai). Mencuci tenggorokan maksudnya memasukkan air ke mulut kemudian mendongakkan kepala, sehingga air sampai ke tenggorokan, lalu mengeluarkan bunyi `goro-goro` di tenggorokan, air tidak ditelan tetapi segera dimuntahkan. kalo secara Islaminya namanya di gurah kali ye!

Maha Suci Allah yang sudah menciptakan sistem sesempurna ini, saya yakin hewan pun mempunyainya, cuma saya belum pernah melihat kucing batuk ya.

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: