Klook.com
jasa pembuatan repository kampus

Asam Folat Penting Selama Masa Kehamilan

Bagi wanita khususnya Sudahkah anda mengonsumsi asam folat hari ini? Makan asam folat sangat penting sebelum dan selama sembilan bulan kehamilan. Defisiensi /Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kelainan janin berupa penutupan tidak sempurna tabung saraf pusat (spina bifida). Kandungan dari asam folat bisa didapatkan melalui susu, sayuran hijau; bayam, lobak, kacang, telur, daging, ikan, sereal, biji bunga matahari, gandum atau buah-buahan seperti jeruk, tomat atau melon.

Asam folat dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan folic acid, folate, folacin, vitamin B9, vitamin BC, pteroyl-L-glutamic acid, pteroyl-L-glutamate, pteroylmonoglutamic acid adalah vitamin yang larut air. Vitamin B9 sangat penting bagi fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine. Vitamin ini terutama penting pada period pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan Asam Folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Folat dan asam folat mendapatkan namanya dari kata latin folium (daun)

"asam folat"

Wanita yang sedang berencana hamil perlu mengkonsumsi asam folat secara cukup, minimal 4 bulan sebelum kehamilan karena kekurangan asam folat berisiko bayi lahir dengan cacat pada sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf (Neural Tube Deffect). Bukankah memiliki bayi sehat harapan setiap ibu dan ayah!!

Leave a Comment

%d bloggers like this: