Jasa Olah Data Statistik di Batam

jasa pembuatan toko online murah

Bagi sebagian orang mengolah data statistik untuk pembuatan tesis atau skripsi tidaklah mudah, tetapi bagi sebagian yang lain tidak ada masalah.

Olah data statistik memerlukan ketelitian dan ketekunan. Semakin maraknya jasa olah data statistik membuktikan permintaan akan olah data statistik semakin meningkat. Hal ini dikarenakan kompleksnya permasalahan.

Ada empat macam jenis data statistik atau data penelitian yaitu data ratio, data interval, data ordinal, dan data nominal (Hartono, 2010).
1. Data Ratio
Data ratio merupakan jenis data statistik yang menempati posisi tertinggi dibandingkan dengan jenis data yang lain. Ciri-ciri data ratio adalah:
     a. data diperoleh dari pengukuran.
     b. dapat diketahui selisihnya.
     c. menggunakan titik 0 (nol) mutlak atau absolut.
     d. data dapat dibandingkan.
Contoh data ratio:
Data statistik tentang penghasilan (A = Rp 5.000.000,00/bulan, B = Rp 3.000.000,00/bulan, dan C = Rp 2.000.000,00/bulan)
2. Data Interval
Data interval adalah jenis data statistik yang mempunyai jarak yang sama di antara hal-hal yang sedang dibahas. Ciri-ciri data interval adalah:
     a. satuan ukurannya mempunyai skala yang sama.
     b. antar kategori dapat diketahui selisihnya.
     c. menggunakan titik 0 (nol) tidak mutlak (arbitrari).
     d. data tidak dapat dibandingkan.
Contoh data interval:
Data tentang suhu udara (Kota A = 16°C,  Kota B = 21°C, Kota C = -10°C, dan Kota D = 0°C)
3. Data Ordinal
Data ordinal adalah data statistik yang diurutkan dari yang paling rendah sampai jenjang paling tinggi atau sebaliknya. Ciri-ciri data ordinal adalah:
a.    Dalam bentuk kategori.
b.    Posisi data tidak setara/bertingkat.
c.    Tidak dapat dilakukan operasi matematika.
Contoh data ordinal adalah:
Data statistik tentang kepuasan menggunakan suatu produk (1 = sangat puas, 2 = puas, 3 = cukup puas, 4 = tidak puas, dan 5 = sangat tidak puas).
4. Data Nominal
Data nominal dapat disebut juga data diskrit atau data kategorik, yaitu data statistik yang cara penyusunannya diklasifikasikan dalam beberapa kategori saling lepas dan tuntas, masing-masing kategori ini mempunyai kedudukan yang setara. Data nominal termasuk data yang memiliki tingkat yang paling rendah dibandingkan dengan jenis data statistik lain.
Contoh data nominal adalah:
Data dari variabel jenis agama (Islam = 1, Kristen = 2, Katholik = 3, Hindu = 4, Budha = 5, dan Khong Hu Cu = 6).
Tingkatan data statistik dapat diilustrasikak sebagai berikut:
RATIO
INTERVAL
ORDINAL
NOMINAL

 

Program Pengolahan data statistik bermacam-macam yang paling populer adalah SPSS ( Statistical Package for the Social Sciences ) dari IBM. Untuk sementara jasa olah data statistik yang saya tawarkan kepada anda hanya program SPSS saja dulu.

Bagi anda yang ingin konsultasi mengenai Pembuatan Tesis di Batam atau Pembuatan Skripsi di Batam, atau ingin berkonsultasi mengenai olah data statistik untuk tesis (S2) atau skripsi (s1) anda bisa menghubungi saya di Nomor HP 0811703334 atau PIN BB 754CED77.

 

 

Ad Widget

Recommended For You

gplus-profile-picture

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *