1 Jam Lebih Dekat Mengenal KRI BIMA SUCI

jasa pembuatan toko online murah

Sekilas info mengenai KRI Bima Suci:

KRI Bima Suci-945 (atau KRI Bima Suci) merupakan kapal layar latih bagi taruna/kadet pengganti kapal legendaris KRI Dewaruci yang sudah beroperasi sejak 1953. Melalui peresmian tersebut KRI Bima Suci masuk ke dalam jajaran TNI Angkatan Laut sebagai Kapal Layar Latih Akademi Angkatan Laut (AAL).

Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi ini memiliki ukuran panjang 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas. Kapal kelas Bark tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi. Ketinggian dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut. "Keistimewaan KRI Bima Suci terletak pada instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih, instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar hingga alat komunikasi dan data digitalnya.

 

KRI Bima Suci melaksanakan tugas pertamanya operasi penyeberangan dengan berlayar dari Spanyol menuju Tanah Air pada 18 September 2017. Pada pelayaran perdananya, KRI Bima Suci sekaligus melaksanakan pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) 2017, bersama dengan 119 Taruna/Kadet Akademi Angkatan Laut tingkat III Angkatan 64. KJK merupakan pelayaran muhibah ke luar negeri sekaligus latihan dan praktek (Latek) bagi Taruna AAL dengan menggunakan kapal latih Taruna. Setelah melaksanakan pelayaran dari kota Vigo di Spanyol pada 18 September 2017, KRI Bima Suci - 945 beserta para Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang melaksanakan Kartika Jala Krida Tahun 2017 akhirnya memasuki wilayah Tanah Air dan kota Padang adalah kota pertama di Indonesia yang disinggahi.

KRI Bima Suci tiba di Batam pada Jumat, 8 Desember 2017. Hari kedua (sabtu, 9 Des 2017) kami baru bisa mengunjungi KRI Bima Suci bersama anak-anak selepas dzuhur. Tibalah kami di Pelabuhan Batu Ampar Kota Batam. Lepas mencari tempat parkir di yang menurut saya cukup padat, kami berjalan sekitar 300 meter.  Rupanya antrean mengular sampai lebih kurang 200 meter, saat hendak memasuki KRI Bima Suci. Ada 1 kapal lagi yaitu Kapal Perang Yos Sudarso, tapi kami lebih memilih untuk melihat KRI Bima Suci. Kesempatan langka.

Walaupun antrean lumayan panjang kami bisa masuk secara cepat. Tangga menuju kapal sangat sempit hanya bisa untuk 1 orang, tangga masuk dan tangga keluar sama, sehingga selain antre untuk masuk, pengunjungpun harus antri jika hendak keluar kapal. Tangga masuk langsung menuju tengah kapal tempat tiang layar tertinggi. Pada tiang layar tersebut diletakkan lambang garuda dan semacam tulisan pada lempengan logam dimana kapal ini dibuat.

Dari sebelah kanan tiang layar jika kita naik ke lantai kedua, kita akan disuguhi kemudi kapal yang classic (seperti di film-filem kapten hook). di belakang kemudi kemungkinan ruang utama kapten kapal memimpin crewnya saat berlayar.

Ad Widget

Recommended For You

gplus-profile-picture

About the Author: admin

Kangdadang earned his Diploma degree from dr Otten Academy of Nursing, Bandung in 2002. 2010 He joined the accounting graduate program In economics faculty at The University of Kepulauan Riau. He received his Master of Science degree in Human Resource in 2013 from The University of Batam. While his work at local government, Kang Dadang also interest on IM, today he manage many blog and owner of Pesonaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *